Jumat, 12 September 2014

PAPA CONTOH BIJAK MENGELOLA KEUANGAN KELUARGA


“Gajimu sekarang berapa?” tanya Papa saat santap malam bersama.

“Sekitar X” jawab saya.

“Punya tabungan kan?” tanya Papa lagi

“Ada lah. Kenapa to Pa?” tanya saya sambil membereskan piring.

“Dulu waktu Papa masih kerja, Papa suka heran dengan teman-teman kantor. Baru saja minggu lalu terima gaji, kok masih menunggu bonus dari kantor. Alasannya gaji yang kemarin sudah dipakai buat nyicil mobil dan  bayar kuliah anaknya. Gaji Papa saja masih utuh. Apa mereka gak punya tabungan ya?” jelas Papa.

"Papa rasa seberapa besar gaji seseorang itu, ga akan pernah cukup kalau pengeluarannya melebihi pemasukan. Kalau memang belum mampu membeli sesuatu, ya jangan dipaksakan apalagi demi gengsi. Misal mobil, sekarang kan bisa mencicil, tapi biaya perawatan mobil juga kan tidak murah. Sekarang memang mudah kalau mau mencari pinjaman, tapi tetap harus diperhitungkan kemampuan. Mobil kan harganya akan semakin turun dari tahun ke tahun, tidak cocok dijadikan investasi. Beda dengan membeli rumah atau tanah, semakin tahun, harga semakin naik" lanjut Papa.



Cerita di meja makan itu, terjadi juga di kantor saya. Seorang teman perempuan, sebut saja namanya A, belum menikah namun menjadi tulang punggung keluarga menghidupi kedua orang tua dan seorang adik. Saat ini sih, kedua orang tua sudah meninggal dan adiknya sudah berkeluarga. Yang menjadi perhatian saya adalah kebiasaannya mengambil hutang baik di Koperasi maupun di Bank yang bekerjasama dengan kantor. 

Hampir seluruh gajinya habis untuk membayar tagihan hutang. Bahkan dia meminjam nama rekan kantor untuk mengambil hutang dan sempat juga meminjam nama saya. Untung segera dilunasi, sempat mau pinjam nama lagi, tapi saya tolak dengan alasan mau saya pakai buat ambil hutang.

Lain lagi dengan cerita teman pria, sebut saja namanya B. Dia sudah berkeluarga dengan 3 orang anak yang bersekolah dari tingkat SD hingga SMA. Istrinya tidak bekerja, fokus mengurus keluarga. Dengan jumlah gaji yang sama dengan teman perempuan A, dia masih bisa menyisihkan tabungan 1 juta/bulan.

Wah, kok bisa berbeda ya. Gaji sama tetapi berbeda kecukupannya. A selalu merasa kurang dan menambah beban dengan mengambil hutang terus menerus, sedang B meskipun memiliki tanggungan istri dan 3 orang anak namun masih mampu menabung sebesar 1 juta/bulan.

Saya kemudian tertarik mencari tahu soal pengelolaan keuangan. Ternyata perbedaannya adalah kemampuan melek finansial. Apa itu melek finansial? Melek finansial adalah kemampuan membaca dan memahami laporan keuangan. Orang yang melek finansial minimal memahami 2 bentuk laporan keuangan, yakni arus kas dan aktiva/harta. Kas terdiri dari pemasukan dan pengeluaran, sedang aktiva terdiri dari aset dan liabilitas.

Pemasukan meliputi semua penghasilan yang didapat dengan menukarkan waktu secara langsung maupun tidak langsung. Sedang pengeluaran meliputi semua biaya hidup termasuk cicilan aset baik yang bergerak maupun tidak bergerak.

Aset adalah semua hal yang menyebabkan pemasukan kas, meliputi diri kita sendiri, pasangan atau anggota keluarga yang ikut mencari nafkah, rumah/mobil yang disewakan dan sebagainya. Liabilitas adalah semua kewajiban yang masih menjadi beban dan menyebabkan pengeluaran kas.

Kemampuan melek finansial membuat seseorang bersikap secara bijak dalam mengelola keuangan keluarga. Mengelola keuangan bukan menyeimbangkan antara pemasukan dan pengeluaran namun meningkatkan aset yang kita miliki. Ada beberapa langkah untuk mengelola keuangan keluarga secara bijak :

  • Pastikan gaji dan nilai kita sesuai
Kita bekerja tentu mengharapkan penghasilan yang sepadan dengan nilai kita. Penghasilan yang sepadan yang artinya cukup menjadi modal kita untuk mengelelola keuangan. Bila kita digaji atau berpenghasilan rendah, sudah saatnya kita mulai berfikir melamar pekerjaan baru atau memiliki pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan.

Di kantor saya bekerja, beberapa teman memiliki pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan. Ada yang menjadi tenaga honorer, ada yang memiliki wirausaha. Saya sendiri menambah penghasilan dengan menjadi psikolog, narasumber, merintis usaha dan menjadi blogger.

  • Pengeluaran lebih kecil daripada pemasukan.
Berdasarkan literature yang saya baca, besaran pengeluaran berkisar antara 40% - 60% dari penghasilan, sedang sisanya untuk tabungan, investasi dan sedekah atau berbagi.

Ada beberapa tips untuk bisa meminimalkan pengeluaran, diantaranya :

- Bila hanya bepergian sendirian atau berdua dan di dalam kota, kita bisa menghemat bensin dengan memilih menggunakan motor daripada mobil.

- Mengurangi frekuensi makan di luar dengan lebih sering memasak atau membawa bekal masakan dari rumah ketika akan bepergian.

- Menghemat penggunaan air dan listrik dengan menggunakan secara efisien. Jangan membiarkan air keran menyala saat menyabuni piring atau menggosok gigi, mematikan lampu, alat elektronik ketika tidak digunakan.

  • Setia kepada anggaran
Jika telah membuat rencana anggaran, maka berusahalah setia dan hindari pengeluaran di luar anggaran. Saya ingat, di masa kecil ketika masih sekolah di tingkat dasar, untuk bisa membeli segelas teh, saya memilih pulang sekolah dengan berjalan kaki. Jarak antara sekolah dan rumah sekitar 1 km, cukup jauh untuk anak seusia saya. Nyatanya kedua orang tua saya tetap setia pada anggaran, tidak mau menambah uang saku yang artinya menambah pengeluaran..hihihi.

  • Bayarlah hutang kartu kredit atau pinjaman bank
Gunakan kartu kredit sebagai pilihan terakhir. Bila kita terpaksa menggunakan kartu kredit, maka segeralah lunasi. Usahakanlah untuk tidak menambah beban hutang. Teman saya, A selalu terbelit hutang, karena dia selalu menambah plafon atau besaran hutangnya. Bila ada tawaran dari bank atau koperasi untuk meminjam uang, dia segera memanfaatkan kesempatan itu. Dia menutup hutang yang lalu dengan menambah plafon yang lebih besar, sehingga dia mendapat kelebihan uang tunai.

  • Tabung minimal 10% dari penghasilan
Menabung dilakukan saat pertama menerima penghasilan, bukan sisa dari pengeluaran. Teman saya, B, menabung di awal menerima gaji. Tabungan dipotong langsung dari gaji dan dimasukkan ke koperasi kantor.

Selain itu tabungan juga diperlukan untuk menyiapkan dana darurat. Dana darurat digunakan misalnya bila ada pemutusan hubungan kerja, sehingga membutuhkan waktu untuk mencari kerja yang baru atau kondisi yang sangat membutuhkan dana dengan segera. Besarnya dana darurat menyesuaikan struktur dalam keluarga. Suami istri yang belum memiliki anak harus memiliki dana darurat minimal 6 kali jumlah pengeluaran dalam sebulan, sedang yang sudah memiliki 1 anak minimal 9 kali pengeluaran dalam sebulan.

Belajar menabung

  • Maksimalkan tunjangan kantor

Gunakan tunjangan kantor untuk menghemat pengeluaran. Misalnya untuk biaya kesehatan atau penggantian uang untuk hari cuti yang tak sempat diambil. Ada lho, teman saya yang orang tuanya memilih berobat di luar daripada di dokter yang ditunjuk kantor, mungkin uangnya berlebih kali ya.

  • Ikut dana pensiun

Tidak semua perusahaan menyediakan dana pensiun yang memadai untuk pegawainya. Kita bisa menambah mengikuti program dana pensiun di luar program pensiun perusahaan untuk menambah tabungan pensiun.

  • Investasi

Jika masih memiliki dana berlebih, kita bisa menginvestasikan uang yang dimiliki. Konsultasikan kepada ahlinya atau lembaga keuangan terkemuka. Salah satu lembaga keuangan yang menyediakan jasa konsultasi keuangan serta solusi masalah finansial adalah Sunlife Financial.

Produk finansial yang ditawarkan oleh Sunlife mulai dari produk asuransi pendidikan dan kesehatan, hingga perencanaan masa pensiun hingga investasi. Semua produk tersebut menjawab tiga kebutuhan mendasar : kebutuhan akan perlindungan, kebutuhan akan tabungan dan kebutuhan akan investasi.

Papa saya adalah salah satu contoh orang yang melek finansial. Memang latar belakang beliau di bidang ekonomi, tapi seharusnya dengan latar belakang apapun semua orang harus melek finansial sehingga mampu bersikap bijak mengelola keuangan keluarga.

Papa dan para cucu

Papa adalah pensiunan pegawai BUMN. Sewaktu masih bekerja, masih terekam dalam memori saya, bahwa gaya hidup kami dari tahun ke tahun tidak lah berubah, meski penghasilan Papa semakin meningkat. Hidup hemat dan secukupnya selalu ditekankan dalam keluarga kami.

Saat rekan-rekan lain sudah memiliki mobil, Papa tetap setia berangkat ke kantor dengan motor atau angkutan. Akhirnya memutuskan untuk membeli mobil karena prasyarat sebuah jabatan yang diembannya.

Saat ini Papa menikmati masa pensiunan dengan tenang. Meski masih memiliki tanggungan 1 adik yang masih kuliah, tetapi karena uang tabungan yang dimiliki cukup besar, rasanya Papa tidak mengalami kesulitan ekonomi di masa pensiun.

Selain uang pensiun yang diterima setiap bulan, Papa menginvestasikan sejumlah uang untuk dikelola oleh teman kepercayaannya. Dua rumah lain yang dimiliki juga disewakan untuk menambah penghasilan.

Ketika membangun rumah untuk ditempati di masa pensiun Papa memilih untuk membangun rumah dengan luas dan biaya yang secukupnya. Pandangan Papa, meski mampu membangun rumah mewah, namun akan menambah pengeluaran untuk perawatan. Jelas Papa memandang rumah mewah untuk ditempati bukanlah aset, namun liabilitas atau harta yang menyebabkan pengeluaran.

Sikap bijak Papa mengelola keuangan keluarga memberikan perlindungan untuk keluarga. Setidaknya kami tidak pernah merasakan hidup yang sulit hingga tak mampu makan. Otomatis kesejahteraan keluarga dapat dipertahankan dan ditingkatkan.

Papa generasi jaman dulu saja, melek finansial dan mampu bersikap bijak mengelola keuangan keluarga, bagaimana kita generasi muda yang sangat mudah mengakses beragam informasi dan ilmu?

Daftar Pustaka :

56 komentar:

  1. riskan emang masalah keuangan ya mbk,harus bener2 pintar ngatur...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, contoh saya ya Papa. Intinya mengatur pengeluaran, mana yang mendesak dan penting, Ikutan lomba juga mbak?

      Hapus
  2. Papanya keren Mbak, maksudnya dalam hal melek finansial. Biasanya yang perhatian sama keuangan itu perempuan, tapi ternyata laki-laki juga harus tau masalah finansial ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Helda. Ibu saya mah kalau butuh, tinggal bilang. Kalau diijinkan ya baru diambil.

      Hapus
  3. wah klo saya ibu saya tuh yang ngatur keuangan keluarga , bapak tahu beres....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, biasanya gitu Mak. Tapi ibu saya juga bukan tipe boros.

      Hapus
  4. gali lubang tutup lubang,
    semoga tidak ada kata ibu dalam kamus saya.
    hutang boleh, tapi untuk investasi, bukan untuk konsumsi.

    lup yu makne Fatih.

    *aku yo makne Fatih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi saya juga punya utang kok Mak. Bukan buat konsumsi sih, buat harta liabilitas, belum bisa buat aset

      Hapus
  5. gali lubang tutup lubang,
    semoga tidak ada kata itu dalam kamus saya.
    hutang boleh, tapi untuk investasi, bukan untuk konsumsi.

    lup yu makne Fatih.

    *aku yo makne Fatih

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. Papahnya mbak Rizka sama mbak Rahmi ganteng yaaa eh maksudhnya cerdas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang ganteng Mbak Fenny, anaknya kan cewek semua hihihi..

      Hapus
  8. ia mak..zaman makin sulit hrs pandai atur keuangan keluarga...sy nabung di awal bulan dengan sistem autodebet dan ga pake ATM...targetnya ketika anak kuliah ga mikir lg uang pangkal dan semesteran :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga Mak, ikut tabungan pendidikan ma persiapan pensiun, langsung autodebet,

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  12. Halo, saya Elina Gulay, pemberi pinjaman pinjaman yang memberi hidup waktu kesempatan pinjaman. Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk membersihkan utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman modal untuk meningkatkan bisnis Anda? Kami membantu orang-orang dalam kesulitan keuangan Anda telah ditolak oleh Bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan konsolidasi pinjaman atau hipotek? Cari lagi seperti yang kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda dari masa lalu. Kami pinjaman dana keluar kepada orang-orang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit yang buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi pada bisnis pada tingkat 3%. Saya ingin menggunakan menengah untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan handal dan Penerima Bantuan ini dan akan bersedia menawarkan pinjaman.Jadi email kami di: elinagulay@gmail.com

    BalasHapus
  13. Hati-hati di sini. Tidak ada yang dapat membantu Anda di sini atau bahkan menyarankan bagaimana Anda bebas untuk mendapatkan bantuan keuangan. Setiap jawaban dari pemberi pinjaman kredit atas pertanyaan Anda, Anda harus mengabaikan, karena Mereka Apakah Penipuan ... penipuan yang nyata ... saya adalah korban yang saya robek Ribuan dolar ... baik terima kasih Tuhan untuk saudara Kristen yang dimaksud saya untuk sebuah organisasi pinjaman yang dibentuk oleh beberapa Ibu Clara, claraloans@financier.com.
    Mereka membuat hidup saya yang berharga dan memberikannya makna. Ketika adik memberiku semata-mata untuk Untuk kontak lebih lanjut, saya menghubungi dia. Mereka menyetujui pinjaman sebesar $ 75.000,00 USD dan dalam 48 jam setelah bertemu semata-mata untuk orang lanjut Untuk melawan persyaratan, pinjaman saya disimpan di rekening bank saya tanpa agunan. Saya akan menyesal Total hidupku, Karena pada titik waktu saya hanya bercerai ayah dari anak saya, dan anak saya (Ridwan) dihadapkan dengan situasi hidup dan mati. Jangan ragu untuk menghubungi via Email: Claraloans@financier.com. Untuk pertanyaan lebih lanjut. hubungi saya via: Yunitanurudeen@gmail.com

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  15. saya perlu pinjaman mendesak sekarang / 2015

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  28. Halo
    Aku Mr Shawn Antonio MD Sun Kredit Dan Perusahaan Pajak, A pemberi pinjaman swasta yang terdaftar dan sah. Kami memberikan jasa keuangan (PINJAMAN) dan kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga rendah dari 2% ke keuangan cacat, individu, perusahaan, industri, perusahaan dan orang-orang dalam masyarakat. Dan juga mensponsori Anda untuk melepaskan bakat Anda dan mencapai tujuan Anda, kami memberikan pinjaman mulai dari $ 2000 dan di atas ... Kami siap memenuhi kebutuhan Anda, dan bagaimana Anda bisa mendapatkan pinjaman ini secara online dan akses account online. Hubungi kami melalui
    Email: sunloanandtaxcompany@gmail.com,
    TEL +1 214-838-0660

    BalasHapus
  29. Halo
    Aku Mr Richard Fredrick meminjamkan pemberi pinjaman swasta.
    Kesempatan pinjaman dari waktu hidup
    Anda tidak perlu pinjaman mendesak untuk melunasi hutang-hutang Anda, Anda perlu meminjam uang.
    Meningkatkan Bisnis Anda
    Apakah Anda telah ditolak oleh
    Bank dan entitas keuangan lainnya?
    Apakah Anda ingin total utang atau hipotek?
    Mencari lagi, karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda.
    Di masa lalu, kami pinjamkan ke publik.
    Membutuhkan bantuan keuangan dengan kredit buruk atau membutuhkan uang.
    Untuk membayar biaya investasi sebesar 2%, saya ingin menggunakan ini.
    Sedang untuk memberitahu Anda bahwa kita di sini untuk membantu dengan keamanan dan manfaat juga.
    Akan bersedia untuk meminjamkan uang. Jadi hubungi kami hari ini melalui email.
    fredrickrichardloans@gmail.com
    Data Recovery
    1) Nama lengkap: .............................. ............... ..........
    2) Negara: .............................. ................ .............
    3) Alamat: ............... ............................... ...........
    4) .............................. ................ Negara. ............ ..
    5) Sex: .............................. ................ .............. ....
    6) Ketersediaan: .............................. ................ ...
    7) Pekerjaan: .............................. ................ .......
    8) Telepon: .............................. ................ ..
    9) Posisi saat ini di tempat kerja: .....................
    10) Bulanan Penghasilan: .............................. .. ........... ..
    11) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .............................. .......
    12) Durasi Pinjaman: .............................. .. ........... .. ...
    13) Tujuan pinjaman: .............................. ............ .
    14) Agama: .............................. ................ ..........
    15) Anda telah digunakan sebelumnya ............................. ....
    Terima
    Mr Fredrick Richardson.

    BalasHapus
  30. Apakah Anda membutuhkan tunggal, yang Anda dalam waktu yang sulit, atau masalah keuangan dan Anda telah memutuskan untuk tidak mengambil tunggal dari bank karena Anda memiliki satu masalah atau lainnya?
    Mrs Laura dapat memberikan bantuan kepada siapa pun di orang Indonesia yang telah berjubah, penipuan, menipu, dan yang telah tertipu oleh perusahaan atau bank di internet. kita pemberi pinjaman kredit handal yang memberikan pinjaman tanpa agunan dengan tingkat hanya 2%, dan dalam waktu kurang dari 24 jam. Hubungi kami hari ini melalui email kami di laura.financial.loanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  31. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak ?
    * Sangat cepat dan mendesak transfer ke rekening bank Anda
    * Pembayaran mulai delapan bulan setelah Anda mendapatkan uang dalam Anda
    akun bank
    * Rendah suku bunga 2 %
    * Pembayaran jangka panjang ( 1-30 tahun ) durasi
    * Persyaratan pinjaman Fleksibel dan pembayaran bulanan
    * . Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mendanai ? Setelah mengajukan permohonan kredit ,
    Anda dapat mengharapkan bahwa respon awal kurang dari 24 jam dan
    pendanaan dalam 72-96 jam setelah menerima informasi yang kita butuhkan
    darimu.

    Hubungi sah dan berlisensi resmi perusahaan pinjaman
    bahwa bantuan keuangan kepada negara-negara lain .
    Untuk informasi lebih lanjut dan formulir aplikasi pinjaman melalui kontak sekarang

    email : saraelahi239@gmail.com

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  33. Halo,
    Hal ini untuk memberitahukan kepada masyarakat umum bahwa Nyonya, Janny jasa, pemberi pinjaman kredit swasta memiliki membuka peluang keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman dengan bunga 2% kepada individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan dimengerti. hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (kingswillloan@gmail.com)

    BalasHapus
  34. Keren papanya.... saya lg belajar nih.... susah juga ternyata... hihi

    BalasHapus
  35. Wah bener banget pemikiran papanya mb Rizka. jangan sampai besar pasak daripada tiang.

    BalasHapus
  36. Hari baik semua orang dari negara saya nama saya Wioletta Indonesia Polandia saya datang ke sini di blog untuk referensi sebuah perusahaan yang legit dan bebas dari penipuan, dan perusahaan di mana saya menguangkan pinjaman saya $ 35,000,00 kemarin dan saya datang ke sini saat ini untuk ketus kepada semua orang yang membutuhkan pinjaman yang masih ada perusahaan Anda dapat selalu percaya dan mengandalkan karena pada kasus saya saya menemukan perusahaan bernama Stella Rene perusahaan pinjaman yang merupakan perusahaan di mana saya menguangkan pinjaman kemarin jadi harap bisa terhubung dengan ini perusahaan dalam kasus Anda membutuhkan pinjaman mendesak hari ini karena Anda akan selalu mendapatkan pinjaman di sini email di bawah ini {mrsstellareneloanfirm1@hotmail.com} untuk informasi lebih lanjut hari ini.

    Wioletta

    BalasHapus
  37. Kami disetujui pemerintah dan pemberi pinjaman kredit bersertifikat Perusahaan kami tidak menawarkan pinjaman mulai dari pribadi untuk pinjaman industri untuk orang atau perusahaan yang tertarik yang mencari bantuan keuangan pada tingkat bunga dinegosiasikan 2% kesempatan untuk menghapus dept Anda., Mulai atau meningkatkan bisnis Anda dengan pinjaman dari pinjaman perusahaan kami diberikan di Pounds (£), dollar ($) dan Euro. Jadi mengajukan pinjaman sekarang orang yang tertarik harus menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Mengisi informasi data peminjam. Hubungi kami sekarang melalui: jenniferdawsonloanfirm20@gmail.com
    (2) Negara:
    (3) Alamat:
    (4) Kota:
    (5) Sex:
    (6) Status Pernikahan:
    (7) Bekerja:
    (8) Nomor Handphone Telepon:
    (9) Pendapatan Bulanan:
    Jumlah (10) Pinjaman Dibutuhkan:
    (11) Jangka waktu pinjaman:
    (12) Tujuan Pinjaman:

    Terima kasih atas pengertian Anda karena kami berharap untuk mendengar dari Anda segera.

    E-Mail: jenniferdawsonloanfirm20@gmail.com

    BalasHapus
  38. Halo,, saya Mr Emmanuel Brown yang C.E.O dari Emmanuelbrown company.we pinjaman memiliki 5 tahun dari experince di buswe ini menawarkan pinjaman cepat untuk membantu pelanggan kami estemmed mencapai ada tujuan hidup, kami memberikan jasa dengan tingkat bunga 2% per tahun. Ini adalah kesempatan keuangan pada langkah pintu Anda. Ada banyak orang di luar sana mencari bantuan keuangan di banyak tempat dan sejauh ini, mereka masih tidak bisa mendapatkannya. Namun, peluang keuangan ini dapat membantu Anda mendapatkan pinjaman untuk tagihan medis Anda, membeli rumah, membayar sewa, membeli mobil dan melunasi hutang yang timbul. dan dengan demikian Anda tidak mampu untuk lewatkan kesempatan ini. Layanan ini akan memberikan individu, profesional, bisnis pria dan wanita. Jumlah pinjaman berkisar dari jumlah pilihan yang tersedia untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami throug e-mail kami: (emmanuelbrownloancompany@gmail.com)
    aplikasi pinjaman formulir untuk mengisi dan mengembalikan.

    Nama lengkap ....................................
    nomor telepon pribadi ............................
    Negara ...........................................
    Alamat ......................................
    Negara ..............................
    Umur .............................................
    Anda telah diterapkan sebelumnya? .......................
    Status perkawinan .................................
    jumlah pinjaman diperlukan .....................................
    Kerja ....................................
    Pendapatan bulanan .............................
    Tertarik pelamar harus e-mail perusahaan di alamat email yang ditunjukkan di bawah

    Terima kasih atas kerja sama anda,

    Mr Emmanuel Brown

    BalasHapus
  39. Halo, ini adalah untuk menginformasikan kepada masyarakat umum, tentang penipuan pinjaman internet, itu benar-benar menyebabkan banyak kerusakan dan telah membawa beberapa keluarga dalam pemisahan dan penderitaan. Kami benar-benar berjuang untuk membawa para pelaku ke buku. Namun akan membutuhkan bantuan Anda, karena tanpa bantuan Anda, kami tidak bisa mengakhiri penipuan internet ini. Apa yang kita inginkan dari Anda sekarang adalah bagi Anda untuk mengisi formulir di bawah ini tepat.

    Nama Perusahaan: .............................................
    Perusahaan Usulan Alamat: ........................
    Perusahaan Alamat Email: ................................
    Jumlah Total Dibayar: .............................................
    Penerimaan Scan: ............................................... ......
    Nama Penerima: ............................................
    Cara Pembayaran: ..............................................

    Catatan: Informasi ini adalah bagi mereka yang telah menjadi korban oleh warga Nigeria yang berpura-pura menjadi pemberi pinjaman kredit sedangkan mereka tidak. Jadi Polisi Nigeria dan EFCC bekerja begitu keras untuk memastikan kejahatan ini dibawa ke berhenti. Jika Anda cukup beruntung uang Anda menghabiskan mungkin dikembalikan kembali kepada Anda.
    Di sini kita hanya memiliki dua kreditur yang kredibel baik lokal maupun internasional, jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman kita bisa juga memberikan arahan yang lebih baik dan menyarankan untuk membimbing Anda dalam mendapatkan yang lebih baik dan transaksi transparan. Anda dapat menghubungi kami: nigerianpolice151@gmail.com

    BalasHapus
  40. Apakah Anda ingin memulai atau tumbuh bisnis yang ada? Ibu Bernice Louis Pinjaman Perusahaan (BLC) telah datang untuk membuat impian Anda menjadi kenyataan. Kami memberikan pinjaman kepada individu swasta atau pemerintah dan Perusahaan dengan tingkat bunga 2% pada setiap jumlah yang dibutuhkan dan dengan jadwal pembayaran yang fleksibel. Hubungi Mrs. Bernice Louis untuk Anda PINJAMAN hari ini melalui email: bernicelouisloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  41. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  42. Apakah Anda mencari investasi dan kredit swasta? Mencari lagi karena Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Global Finance Terbatas memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau, silahkan hubungi kami melalui e-mail melalui: (elizabethpatrickglobalfinance@gmail.com)

    APLIKASI DATA

    1) Nama:
    2) Negara:
    3) Alamat
    4) Negara:
    5) Jenis Kelamin:
    6) Status perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi sekarang di tempat kerja:
    10) pendapatan bulanan:
    11) dibutuhkan jumlah Pinjaman:
    12) durasi pinjaman:
    13) Tujuan pinjaman:
    14) Agama:
    15) Apakah Anda menerapkan sebelum:
    16) Tanggal Lahir:
    Terima kasih.

    BalasHapus
  43. Halo, saya Mrs Maureen Martins, pemberi pinjaman pinjaman pribadi. Apakah Anda dalam utang yang buruk? Anda ingin memperluas bisnis Anda, membayar tagihan Anda, renovasi rumah, atau jika Anda memerlukan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman dengan bunga 2% kepada individu dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang dipahami.
    hubungi kami melalui email:
    (Maureenmartinsloanfirm@gmail.com)
    MAUREENMARTNSLOANFIRM

    BalasHapus
  44. Saya Ibu Hannah Boss, A pemberi pinjaman uang, saya meminjamkan uang kepada individu atau perusahaan yang ingin mendirikan sebuah bisnis yang menguntungkan, yang menjadi periode utang lama dan ingin membayar. Kami memberikan segala jenis pinjaman Anda dapat pernah memikirkan, Kami adalah ke kedua pinjaman pribadi dan Pemerintah, dengan tingkat suku bunga kredit yang terjangkau sangat. Hubungi kami sekarang dengan alamat email panas kami: (hannahbossloanfirm@gmail.com) Kebahagiaan Anda adalah perhatian kami.

    BalasHapus
  45. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  46. Nama saya YODIKA RONI, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada semua orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman Internet karena begitu banyak kreditur Internet di sini adalah scammers dan mereka hanya berbagi cerita untuk menipu Anda dari uang Anda, saya mengajukan permohonan untuk pinjaman sebesar Rp500.000.000 dari seorang wanita di Jerman dan saya kehilangan jumlah Rp15.000.000 tanpa mendapatkan pinjaman,

    Pada tanggal 27 September 2017, teman saya Suri Yono di tempat saya memberi tahu saya bagaimana dia mengajukan pinjaman dari CAPITAL LOAN CENTER dan dia akhirnya menerima pinjamannya. Saya tidak pernah mempercayainya sampai saya pergi bersamanya ke bank untuk memastikannya dan saya kagum karena saya telah kehilangan banyak uang hanya untuk mendapatkan pinjaman untuk keluarga saya.

    Semoga ALLAH memberkati Madam yang baik atas apa yang dia lakukan terhadap saya dan rumah tangga saya, saya mengatakan kepada teman saya untuk mengenalkan saya kepada ibu yang baik. Tomasa Justin, PUSAT MODAL, dia melakukan dan mengajukan pinjaman sebesar Rp500.000.000.

    Saya mematuhi persyaratan dan persyaratan pinjaman perusahaan dan permohonan pinjaman saya disetujui untuk saya tanpa tekanan dan kesulitan.

     Akhirnya, saya menerima pinjaman di rekening bank saya dan saya menghubungi teman saya Suri Yono bahwa saya telah menerima pinjaman tersebut dan saya juga telah mengenalkan begitu banyak orang kepada Ibu Baik Ibu Ana Michael.

    Saya ingin Anda membaca kesaksian saya untuk menghubungi ibu yang baik jika Anda memerlukan pinjaman sehingga Anda juga akan bersaksi tentang niat baik ibu baik itu.

    jadi saya menggunakan jalan ini untuk memberi tahu setiap orang Indonesia dan orang lain yang layak untuk membaca kesaksian saya dan dia memerlukan pinjaman untuk dihubungi.
    Madam Tomasa Justin melalui EMAIL: [TOMASAJUSTINCAPITALLOANCENTER@GMAIL.COM]

    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut via EMAIL: YODIKARONI@GMAIL.COM
    Anda juga bisa menghubungi teman saya Suri Yono via EMAIL-nya: YONOSURI702@GMAIL.COM

    Sekali lagi terima kasih untuk membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

    BalasHapus
  47. Nama saya YODIKA RONI, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada semua orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman Internet karena begitu banyak kreditur Internet di sini adalah scammers dan mereka hanya berbagi cerita untuk menipu Anda dari uang Anda, saya mengajukan permohonan untuk pinjaman sebesar Rp500.000.000 dari seorang wanita di Jerman dan saya kehilangan jumlah Rp15.000.000 tanpa mendapatkan pinjaman,

    Pada tanggal 27 September 2017, teman saya Suri Yono di tempat saya memberi tahu saya bagaimana dia mengajukan pinjaman dari CAPITAL LOAN CENTER dan dia akhirnya menerima pinjamannya. Saya tidak pernah mempercayainya sampai saya pergi bersamanya ke bank untuk memastikannya dan saya kagum karena saya telah kehilangan banyak uang hanya untuk mendapatkan pinjaman untuk keluarga saya.

    Semoga ALLAH memberkati Madam yang baik atas apa yang dia lakukan terhadap saya dan rumah tangga saya, saya mengatakan kepada teman saya untuk mengenalkan saya kepada ibu yang baik. Tomasa Justin, PUSAT MODAL, dia melakukan dan mengajukan pinjaman sebesar Rp500.000.000.

    Saya mematuhi persyaratan dan persyaratan pinjaman perusahaan dan permohonan pinjaman saya disetujui untuk saya tanpa tekanan dan kesulitan.

     Akhirnya, saya menerima pinjaman di rekening bank saya dan saya menghubungi teman saya Suri Yono bahwa saya telah menerima pinjaman tersebut dan saya juga telah mengenalkan begitu banyak orang kepada Ibu Baik Ibu Ana Michael.

    Saya ingin Anda membaca kesaksian saya untuk menghubungi ibu yang baik jika Anda memerlukan pinjaman sehingga Anda juga akan bersaksi tentang niat baik ibu baik itu.

    jadi saya menggunakan jalan ini untuk memberi tahu setiap orang Indonesia dan orang lain yang layak untuk membaca kesaksian saya dan dia memerlukan pinjaman untuk dihubungi.
    Madam Tomasa Justin melalui EMAIL: [TOMASAJUSTINCAPITALLOANCENTER@GMAIL.COM]

    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut via EMAIL: YODIKARONI@GMAIL.COM
    Anda juga bisa menghubungi teman saya Suri Yono via EMAIL-nya: YONOSURI702@GMAIL.COM

    Sekali lagi terima kasih untuk membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

    BalasHapus
  48. PUSAT PINJAMAN MODAL


    Nama saya YODIKA RONI, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada semua orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman Internet karena begitu banyak kreditur Internet di sini adalah scammers dan mereka hanya berbagi cerita untuk menipu Anda dari uang Anda, saya mengajukan permohonan untuk pinjaman sebesar Rp500.000.000 dari seorang wanita di Jerman dan saya kehilangan jumlah Rp15.000.000 tanpa mendapatkan pinjaman,

    Pada tanggal 27 September 2017, teman saya Suri Yono di tempat saya memberi tahu saya bagaimana dia mengajukan pinjaman dari CAPITAL LOAN CENTER dan dia akhirnya menerima pinjamannya. Saya tidak pernah mempercayainya sampai saya pergi bersamanya ke bank untuk memastikannya dan saya kagum karena saya telah kehilangan banyak uang hanya untuk mendapatkan pinjaman untuk keluarga saya.

    Semoga ALLAH memberkati Madam yang baik atas apa yang dia lakukan terhadap saya dan rumah tangga saya, saya mengatakan kepada teman saya untuk mengenalkan saya kepada ibu yang baik. Tomasa Justin, PUSAT MODAL, dia melakukan dan mengajukan pinjaman sebesar Rp500.000.000.

    Saya mematuhi persyaratan dan persyaratan pinjaman perusahaan dan permohonan pinjaman saya disetujui untuk saya tanpa tekanan dan kesulitan.

     Akhirnya, saya menerima pinjaman di rekening bank saya dan saya menghubungi teman saya Suri Yono bahwa saya telah menerima pinjaman tersebut dan saya juga telah mengenalkan begitu banyak orang kepada Ibu Baik Ibu Ana Michael.

    Saya ingin Anda membaca kesaksian saya untuk menghubungi ibu yang baik jika Anda memerlukan pinjaman sehingga Anda juga akan bersaksi tentang niat baik ibu baik itu.

    jadi saya menggunakan jalan ini untuk memberi tahu setiap orang Indonesia dan orang lain yang layak untuk membaca kesaksian saya dan dia memerlukan pinjaman untuk dihubungi.
    Nyonya Ana Michael via EMAIL: [TOMASAJUSTINCAPITALLOANCENTER@GMAIL.COM]

    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut via EMAIL: YODIKARONI@GMAIL.COM
    Anda juga bisa menghubungi teman saya Suri Yono via EMAIL-nya: YONOSURI702@GMAIL.COM

    Sekali lagi terima kasih untuk membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran
    MANAJER CABANG: MADAM TOMASA JUSTIN CLC
    Email: tomasajustincapitalloancenter@gmail.com

    BalasHapus
  49. Nama saya YODIKA RONI, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada semua orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman Internet karena begitu banyak kreditur Internet di sini adalah scammers dan mereka hanya berbagi cerita untuk menipu Anda dari uang Anda, saya mengajukan permohonan untuk pinjaman sebesar Rp500.000.000 dari seorang wanita di Jerman dan saya kehilangan jumlah Rp15.000.000 tanpa mendapatkan pinjaman,

    Pada tanggal 27 September 2017, teman saya Suri Yono di tempat saya memberi tahu saya bagaimana dia mengajukan pinjaman dari CAPITAL LOAN CENTER dan dia akhirnya menerima pinjamannya. Saya tidak pernah mempercayainya sampai saya pergi bersamanya ke bank untuk memastikannya dan saya kagum karena saya telah kehilangan banyak uang hanya untuk mendapatkan pinjaman untuk keluarga saya.

    Semoga ALLAH memberkati Madam yang baik atas apa yang dia lakukan terhadap saya dan rumah tangga saya, saya mengatakan kepada teman saya untuk mengenalkan saya kepada ibu yang baik. Tomasa Justin, PUSAT MODAL, dia melakukan dan mengajukan pinjaman sebesar Rp500.000.000.

    Saya mematuhi persyaratan dan persyaratan pinjaman perusahaan dan permohonan pinjaman saya disetujui untuk saya tanpa tekanan dan kesulitan.

     Akhirnya, saya menerima pinjaman di rekening bank saya dan saya menghubungi teman saya Suri Yono bahwa saya telah menerima pinjaman tersebut dan saya juga telah mengenalkan begitu banyak orang kepada Ibu Baik Ibu Ana Michael.

    Saya ingin Anda membaca kesaksian saya untuk menghubungi ibu yang baik jika Anda memerlukan pinjaman sehingga Anda juga akan bersaksi tentang niat baik ibu baik itu.

    jadi saya menggunakan jalan ini untuk memberi tahu setiap orang Indonesia dan orang lain yang layak untuk membaca kesaksian saya dan dia memerlukan pinjaman untuk dihubungi.
    Nyonya Ana Michael via EMAIL: [TOMASAJUSTINCAPITALLOANCENTER@GMAIL.COM]

    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut via EMAIL: YODIKARONI@GMAIL.COM
    Anda juga bisa menghubungi teman saya Suri Yono via EMAIL-nya: YONOSURI702@GMAIL.COM

    Sekali lagi terima kasih untuk membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

    BalasHapus

Terima kasih sudah mengunjungi blog ini. Saya senang menerima komentar yang baik dan membangun. Harap tidak meninggalkan link hidup.

Blog Design by Handdriati