Minggu, 12 Juli 2015

Kiat Hidrasi Sehat, Menyusuimu Saat Berpuasa


Dear Royyan Al Fattah,

Ramadan tahun ini Mama kembali mengajakmu untuk mendukung Mama berpuasa. Usiamu menjelang 8 bulan saat ramadan tiba. Usia dimana ASI masih merupakan asupan yang utama, sekitar 70%. Ramadan tahun lalu, Mama juga mengajakmu berpuasa, saat usia kandungan Mama menginjak 4 bulan. Kala itu, Mama juga masih belum berhasil menyapih kakakmu Fatih.

Meskipun ada keringanan bagi Mama saat hamil atau menyusui untuk tidak berpuasa jika membahayakanmu, namun Mama yakin, baik Mama dan kamu bisa melewatinya. Mama hanya harus memperhatikan asupan gizi seimbang, terutama air yang masuk ke dalam tubuh. Mengapa air? Karena air merupakan komponen utama dalam tubuh manusia. Pada wanita dewasa seperti Mama, 50-60% dari berat tubuh berisi air. Tanpa air, aktivitas Mama tidak akan berjalan lancar. Reaksi kimia dalam tubuh Mama pun tak akan berjalan dengan baik. Tugas menyusui dan menyediakan ASI perah untukmu pasti akan terganggu. Ya Nak, komponen utama dalam ASI juga air.

Wanita dewasa seperti Mama membutuhkan air sekitar 2 liter atau 7-8 gelas perhari. Kebutuhan air meningkat pada wanita menyusui seperti Mama. Kebutuhan air saat berpuasa juga tetap sama dengan hari biasa. Yang membedakan adalah waktu mengkonsumsi air yang terbatas mulai maghrib hingga menjelang subuh. Jadi Mama harus memiliki kiat dan pintar mengatur waktu untuk memenuhi kebutuhan air.

2+4+2

Pola Minum 2+4+2

Ini adalah kiat Mama yang pertama dalam mengatur waktu untuk memenuhi kebutuhan air. Pola minum 2+4+2 dikampanyekan oleh AQUA untuk memenuhi kebutuhan air dalam bulan puasa. Jadi 2 yang pertama adalah 2 gelas saat berbuka puasa, kemudian 4 gelas saat malam dan 2 gelas saat sahur.

  • Saat berbuka : Mama selalu mengawali dengan minum segelas air putih sebelum menyantap buah. Usai menyantap buah, Mama tutup dengan segelas air putih kembali.
  • Malam hari : Usai sholat maghrib, sebelum menyantap makan malam, Mama minum segelas air putih. Selesai makan, kembali Mama minum segelas air putih. Di sela sholat Isya dan Tarawih, Mama habiskan segelas air putih. Menjelang tidur bersamamu kembali Mama sempatkan minum segelas air putih. Mama juga selalu menyediakan 500ml air putih di dalam kamar, yang diminum usai menyusuimu di malam hari.
  • Saat sahur : Sebelum menyantap buah, Mama awali dengan air putih. Setelah dilanjut dengan hidangan sahur kembali Mama tutup dengan segelas air putih. 

Seringkali Mama menambah jumlah air yang diminum, karena kebutuhan wanita menyusui lebih dari wanita dewasa umumnya. Mama takut kalau dehidrasi dan mengganggu kebutuhan ASImu.

Semangka kaya kandungan air
Konsumsi Buah-buahan dan Sayur

Selama bulan puasa, Mama tidak pernah absen belanja buah dan sayur. Buah selalu dikonsumsi sebagai menu pertama di saat berbuka maupun sahur. Demikian juga sayur terutama yang berkuah menjadi salah satu menu di atas meja makan. Mengapa Nak? Karena buah mengandung banyak air, demikian juga sayur. Konsumsi buah dan sayur dapat mencegah dehidrasi selama bulan puasa.

Teh meningkatkan air kemih
Menghindari Teh dan Kopi

Kebiasaan di keluarga Mama dulu, saat berbuka selalu ada teh yang menemani. Eyang bilang buka terasa lebih segar. Eh, ternyata teh dan kopi harus dihindari selama bulan puasa. Mengapa? Karena teh dan kopi meningkatkan pengeluaran air kemih dan mengundang rasa haus. Jadi selama bulan puasa, Mama sama sekali tidak pernah minum teh atau kopi.

Air putih paling sehat
Menghindari Minuman Manis Saat Berbuka Puasa

Nak, pernah dengar kalimat, “berbukalah dengan yang manis”?. Kalimat itu sering disalah artikan dengan mengkonsumsi minuman manis saat berbuka puasa. Padahal minuman manis kaya akan kandungan karbohidrat sederhana yang meningkatkan kadar gula darah yang kemudian memicu rasa lapar. Berbuka dengan yang manis Mama artikan dengan menyantap buah manis yang kaya akan kandungan air. Tentunya terlebih dahulu Mama minum segelas air putih.

Bagaimana pun, air putih pilihan terbaik Nak. Alami, tidak mengandung pemanis, pewarna atau pengawet. Tentunya kita harus memilih air yang berkualitas, seperti AQUA. Air berfungsi sebagai pembentuk sel dan cairan tubuh, mengatur suhu badan, pelarut, pelumas dan bantalan, media transportasi dan membuang racun serta sisa metabolisme. Terpenuhinya kebutuhan air membuat hidup kita lebih sehat.

Nah Nak, itu tadi kiat Mama menjaga hidrasi sehat selama berpuasa dengan tetap memenuhi kebutuhan ASImu. Alhamdulillah dengan kiat itu, tubuh Mama sehat, aktivitas tetap berjalan lancar dan Mama masih mampu menyusui dan menyediakan ASI perah buatmu. Semoga ramadan tahun ini membawa berkah. Kecup sayang dari Mama, semoga Engkau tumbuh berkembang dengan sehat dan menjadi anak sholeh.

Fattah usia 8 bulan

Sumber Informasi :

Lembar Fakta : Puasa Sehat Bersama Aqua 2+4+2

Mitos dan Fakta Minuman di Bulan Puasa

www.aqua242.com

28 komentar:

  1. Iy nih Mak, saya buka sahur pake teh soalnya perut gampang kembung kalo subuh, jadinya sering beser huhuhu! Harus dirubah ini meski udah deket lebaran hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak, air putih paling baiklah :)

      Hapus
  2. Semoga ramadaqan tahun ini membawa berkah..aamiin:) sukses lombanya ya mba

    BalasHapus
  3. hadeuh udah g sabar nih menyambut lebaran hihi

    BalasHapus
  4. Iyessss makasiiii mak, tipnys luar biasaaaa...
    Kita memang kudu cerdas dlm konsumsi air yaaa

    BalasHapus
  5. Meskipun menyusui...puasa jalan terus ya Mak.. siip..siip..
    Mama makin sholehah dan De Fattah tetap sehat dengan ASI dari Mama. Tumbuh dan berkembang jadi anak sholeh ya De..:)

    BalasHapus
  6. iya mak waktu menyusui di bulan puasa kudu banyak minum biar asi lancar

    BalasHapus
  7. Sudah saya follow blognya ya Mak...mari di follback :D

    BalasHapus
  8. Semangat busui, air putih itu bagus untuk memperlancar produksi ASI, tidak usah yg manis2, nanti malah haus terus

    BalasHapus
  9. Dengan Aqua 242 kebutuhan cairan 8 gelas per hari selama berpuasa jadi tercukupi, asal aquanya jangan dicampur teh atau kopi ya..

    BalasHapus
  10. Saya mulai tahun ini nih mak menerapkan buka puasa hanya dengan air putih. Alhamdulillah tetap fit berpuasa
    Good luck untuk kontesnya ya mak. Semoga kita sama-sama menang :D

    BalasHapus
  11. Fattah cakep bangeeett. Salut Mak Rizka, masih berpuasa di kala menyusui, padahal aku merasakan sendiri gimana mudah laparnya pas menyusui itu. Saluutt :)

    BalasHapus
  12. Wah, aku gak kuat kalau harus puasa sambil nyusuin. Kalau hamil aja masih kuat kayak sekarang

    BalasHapus
  13. minum yang cukup memang sangat penting untuk ibu yang sedang menyusui

    BalasHapus
  14. pola minum 242 sangat bagus ya

    BalasHapus
  15. aku cuma mau ngucapin minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin :)

    BalasHapus
  16. Air putih bikin puasa tetap lancar sampai lebaran ya, mak. Maaf lahir batin, mak.

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah ya mak. Yang penting sehat semua.
    Mohon maaf lahir batin sekalian ya...

    BalasHapus
  18. Waah senangnya ya, Alhamdulillah tetap bs puasa dan menyusui. Saluut. Aku lg hamil kmren puasanya bolong2, badan pd sakit, hiks

    BalasHapus
  19. pola minum 242 sangat diajurkan ya mba

    BalasHapus
  20. Aku setuju makk,, banyak yang kurang paham dengan artinya 'berbuka dengan yang manis'.. Padahal Rasulullah memulai buka puasa dengan air putih, dan kurma. Good luck ya makk ^_^

    http://beautyasti1.blogspot.com/2015/07/cara-merawat-rambut-rusak-akibat.html

    BalasHapus
  21. semoga menjadi anak yang pinter dan sholeh anak nya mbak

    BalasHapus
  22. air putih memang sangat bagus untuk memperlancar produksi ASI

    BalasHapus
  23. Dan air putih memang sangat membantu.. Tidak pernah bosa , harus rajin dan banyak minum ;)

    BalasHapus

Terima kasih sudah mengunjungi blog ini. Saya senang menerima komentar yang baik dan membangun. Harap tidak meninggalkan link hidup.

Blog Design by Handdriati