Jumat, 12 September 2014

PAPA CONTOH BIJAK MENGELOLA KEUANGAN KELUARGA


“Gajimu sekarang berapa?” tanya Papa saat santap malam bersama.

“Sekitar X” jawab saya.

“Punya tabungan kan?” tanya Papa lagi

“Ada lah. Kenapa to Pa?” tanya saya sambil membereskan piring.

“Dulu waktu Papa masih kerja, Papa suka heran dengan teman-teman kantor. Baru saja minggu lalu terima gaji, kok masih menunggu bonus dari kantor. Alasannya gaji yang kemarin sudah dipakai buat nyicil mobil dan  bayar kuliah anaknya. Gaji Papa saja masih utuh. Apa mereka gak punya tabungan ya?” jelas Papa.

"Papa rasa seberapa besar gaji seseorang itu, ga akan pernah cukup kalau pengeluarannya melebihi pemasukan. Kalau memang belum mampu membeli sesuatu, ya jangan dipaksakan apalagi demi gengsi. Misal mobil, sekarang kan bisa mencicil, tapi biaya perawatan mobil juga kan tidak murah. Sekarang memang mudah kalau mau mencari pinjaman, tapi tetap harus diperhitungkan kemampuan. Mobil kan harganya akan semakin turun dari tahun ke tahun, tidak cocok dijadikan investasi. Beda dengan membeli rumah atau tanah, semakin tahun, harga semakin naik" lanjut Papa.



Cerita di meja makan itu, terjadi juga di kantor saya. Seorang teman perempuan, sebut saja namanya A, belum menikah namun menjadi tulang punggung keluarga menghidupi kedua orang tua dan seorang adik. Saat ini sih, kedua orang tua sudah meninggal dan adiknya sudah berkeluarga. Yang menjadi perhatian saya adalah kebiasaannya mengambil hutang baik di Koperasi maupun di Bank yang bekerjasama dengan kantor. 

Hampir seluruh gajinya habis untuk membayar tagihan hutang. Bahkan dia meminjam nama rekan kantor untuk mengambil hutang dan sempat juga meminjam nama saya. Untung segera dilunasi, sempat mau pinjam nama lagi, tapi saya tolak dengan alasan mau saya pakai buat ambil hutang.

Lain lagi dengan cerita teman pria, sebut saja namanya B. Dia sudah berkeluarga dengan 3 orang anak yang bersekolah dari tingkat SD hingga SMA. Istrinya tidak bekerja, fokus mengurus keluarga. Dengan jumlah gaji yang sama dengan teman perempuan A, dia masih bisa menyisihkan tabungan 1 juta/bulan.

Wah, kok bisa berbeda ya. Gaji sama tetapi berbeda kecukupannya. A selalu merasa kurang dan menambah beban dengan mengambil hutang terus menerus, sedang B meskipun memiliki tanggungan istri dan 3 orang anak namun masih mampu menabung sebesar 1 juta/bulan.

Saya kemudian tertarik mencari tahu soal pengelolaan keuangan. Ternyata perbedaannya adalah kemampuan melek finansial. Apa itu melek finansial? Melek finansial adalah kemampuan membaca dan memahami laporan keuangan. Orang yang melek finansial minimal memahami 2 bentuk laporan keuangan, yakni arus kas dan aktiva/harta. Kas terdiri dari pemasukan dan pengeluaran, sedang aktiva terdiri dari aset dan liabilitas.

Pemasukan meliputi semua penghasilan yang didapat dengan menukarkan waktu secara langsung maupun tidak langsung. Sedang pengeluaran meliputi semua biaya hidup termasuk cicilan aset baik yang bergerak maupun tidak bergerak.

Aset adalah semua hal yang menyebabkan pemasukan kas, meliputi diri kita sendiri, pasangan atau anggota keluarga yang ikut mencari nafkah, rumah/mobil yang disewakan dan sebagainya. Liabilitas adalah semua kewajiban yang masih menjadi beban dan menyebabkan pengeluaran kas.

Kemampuan melek finansial membuat seseorang bersikap secara bijak dalam mengelola keuangan keluarga. Mengelola keuangan bukan menyeimbangkan antara pemasukan dan pengeluaran namun meningkatkan aset yang kita miliki. Ada beberapa langkah untuk mengelola keuangan keluarga secara bijak :

  • Pastikan gaji dan nilai kita sesuai
Kita bekerja tentu mengharapkan penghasilan yang sepadan dengan nilai kita. Penghasilan yang sepadan yang artinya cukup menjadi modal kita untuk mengelelola keuangan. Bila kita digaji atau berpenghasilan rendah, sudah saatnya kita mulai berfikir melamar pekerjaan baru atau memiliki pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan.

Di kantor saya bekerja, beberapa teman memiliki pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan. Ada yang menjadi tenaga honorer, ada yang memiliki wirausaha. Saya sendiri menambah penghasilan dengan menjadi psikolog, narasumber, merintis usaha dan menjadi blogger.

  • Pengeluaran lebih kecil daripada pemasukan.
Berdasarkan literature yang saya baca, besaran pengeluaran berkisar antara 40% - 60% dari penghasilan, sedang sisanya untuk tabungan, investasi dan sedekah atau berbagi.

Ada beberapa tips untuk bisa meminimalkan pengeluaran, diantaranya :

- Bila hanya bepergian sendirian atau berdua dan di dalam kota, kita bisa menghemat bensin dengan memilih menggunakan motor daripada mobil.

- Mengurangi frekuensi makan di luar dengan lebih sering memasak atau membawa bekal masakan dari rumah ketika akan bepergian.

- Menghemat penggunaan air dan listrik dengan menggunakan secara efisien. Jangan membiarkan air keran menyala saat menyabuni piring atau menggosok gigi, mematikan lampu, alat elektronik ketika tidak digunakan.

  • Setia kepada anggaran
Jika telah membuat rencana anggaran, maka berusahalah setia dan hindari pengeluaran di luar anggaran. Saya ingat, di masa kecil ketika masih sekolah di tingkat dasar, untuk bisa membeli segelas teh, saya memilih pulang sekolah dengan berjalan kaki. Jarak antara sekolah dan rumah sekitar 1 km, cukup jauh untuk anak seusia saya. Nyatanya kedua orang tua saya tetap setia pada anggaran, tidak mau menambah uang saku yang artinya menambah pengeluaran..hihihi.

  • Bayarlah hutang kartu kredit atau pinjaman bank
Gunakan kartu kredit sebagai pilihan terakhir. Bila kita terpaksa menggunakan kartu kredit, maka segeralah lunasi. Usahakanlah untuk tidak menambah beban hutang. Teman saya, A selalu terbelit hutang, karena dia selalu menambah plafon atau besaran hutangnya. Bila ada tawaran dari bank atau koperasi untuk meminjam uang, dia segera memanfaatkan kesempatan itu. Dia menutup hutang yang lalu dengan menambah plafon yang lebih besar, sehingga dia mendapat kelebihan uang tunai.

  • Tabung minimal 10% dari penghasilan
Menabung dilakukan saat pertama menerima penghasilan, bukan sisa dari pengeluaran. Teman saya, B, menabung di awal menerima gaji. Tabungan dipotong langsung dari gaji dan dimasukkan ke koperasi kantor.

Selain itu tabungan juga diperlukan untuk menyiapkan dana darurat. Dana darurat digunakan misalnya bila ada pemutusan hubungan kerja, sehingga membutuhkan waktu untuk mencari kerja yang baru atau kondisi yang sangat membutuhkan dana dengan segera. Besarnya dana darurat menyesuaikan struktur dalam keluarga. Suami istri yang belum memiliki anak harus memiliki dana darurat minimal 6 kali jumlah pengeluaran dalam sebulan, sedang yang sudah memiliki 1 anak minimal 9 kali pengeluaran dalam sebulan.

Belajar menabung

  • Maksimalkan tunjangan kantor

Gunakan tunjangan kantor untuk menghemat pengeluaran. Misalnya untuk biaya kesehatan atau penggantian uang untuk hari cuti yang tak sempat diambil. Ada lho, teman saya yang orang tuanya memilih berobat di luar daripada di dokter yang ditunjuk kantor, mungkin uangnya berlebih kali ya.

  • Ikut dana pensiun

Tidak semua perusahaan menyediakan dana pensiun yang memadai untuk pegawainya. Kita bisa menambah mengikuti program dana pensiun di luar program pensiun perusahaan untuk menambah tabungan pensiun.

  • Investasi

Jika masih memiliki dana berlebih, kita bisa menginvestasikan uang yang dimiliki. Konsultasikan kepada ahlinya atau lembaga keuangan terkemuka. Salah satu lembaga keuangan yang menyediakan jasa konsultasi keuangan serta solusi masalah finansial adalah Sunlife Financial.

Produk finansial yang ditawarkan oleh Sunlife mulai dari produk asuransi pendidikan dan kesehatan, hingga perencanaan masa pensiun hingga investasi. Semua produk tersebut menjawab tiga kebutuhan mendasar : kebutuhan akan perlindungan, kebutuhan akan tabungan dan kebutuhan akan investasi.

Papa saya adalah salah satu contoh orang yang melek finansial. Memang latar belakang beliau di bidang ekonomi, tapi seharusnya dengan latar belakang apapun semua orang harus melek finansial sehingga mampu bersikap bijak mengelola keuangan keluarga.

Papa dan para cucu

Papa adalah pensiunan pegawai BUMN. Sewaktu masih bekerja, masih terekam dalam memori saya, bahwa gaya hidup kami dari tahun ke tahun tidak lah berubah, meski penghasilan Papa semakin meningkat. Hidup hemat dan secukupnya selalu ditekankan dalam keluarga kami.

Saat rekan-rekan lain sudah memiliki mobil, Papa tetap setia berangkat ke kantor dengan motor atau angkutan. Akhirnya memutuskan untuk membeli mobil karena prasyarat sebuah jabatan yang diembannya.

Saat ini Papa menikmati masa pensiunan dengan tenang. Meski masih memiliki tanggungan 1 adik yang masih kuliah, tetapi karena uang tabungan yang dimiliki cukup besar, rasanya Papa tidak mengalami kesulitan ekonomi di masa pensiun.

Selain uang pensiun yang diterima setiap bulan, Papa menginvestasikan sejumlah uang untuk dikelola oleh teman kepercayaannya. Dua rumah lain yang dimiliki juga disewakan untuk menambah penghasilan.

Ketika membangun rumah untuk ditempati di masa pensiun Papa memilih untuk membangun rumah dengan luas dan biaya yang secukupnya. Pandangan Papa, meski mampu membangun rumah mewah, namun akan menambah pengeluaran untuk perawatan. Jelas Papa memandang rumah mewah untuk ditempati bukanlah aset, namun liabilitas atau harta yang menyebabkan pengeluaran.

Sikap bijak Papa mengelola keuangan keluarga memberikan perlindungan untuk keluarga. Setidaknya kami tidak pernah merasakan hidup yang sulit hingga tak mampu makan. Otomatis kesejahteraan keluarga dapat dipertahankan dan ditingkatkan.

Papa generasi jaman dulu saja, melek finansial dan mampu bersikap bijak mengelola keuangan keluarga, bagaimana kita generasi muda yang sangat mudah mengakses beragam informasi dan ilmu?

Daftar Pustaka :

77 komentar:

  1. riskan emang masalah keuangan ya mbk,harus bener2 pintar ngatur...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, contoh saya ya Papa. Intinya mengatur pengeluaran, mana yang mendesak dan penting, Ikutan lomba juga mbak?

      Hapus
  2. Papanya keren Mbak, maksudnya dalam hal melek finansial. Biasanya yang perhatian sama keuangan itu perempuan, tapi ternyata laki-laki juga harus tau masalah finansial ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Helda. Ibu saya mah kalau butuh, tinggal bilang. Kalau diijinkan ya baru diambil.

      Hapus
  3. wah klo saya ibu saya tuh yang ngatur keuangan keluarga , bapak tahu beres....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, biasanya gitu Mak. Tapi ibu saya juga bukan tipe boros.

      Hapus
  4. gali lubang tutup lubang,
    semoga tidak ada kata ibu dalam kamus saya.
    hutang boleh, tapi untuk investasi, bukan untuk konsumsi.

    lup yu makne Fatih.

    *aku yo makne Fatih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi saya juga punya utang kok Mak. Bukan buat konsumsi sih, buat harta liabilitas, belum bisa buat aset

      Hapus
  5. gali lubang tutup lubang,
    semoga tidak ada kata itu dalam kamus saya.
    hutang boleh, tapi untuk investasi, bukan untuk konsumsi.

    lup yu makne Fatih.

    *aku yo makne Fatih

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. Papahnya mbak Rizka sama mbak Rahmi ganteng yaaa eh maksudhnya cerdas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang ganteng Mbak Fenny, anaknya kan cewek semua hihihi..

      Hapus
  8. ia mak..zaman makin sulit hrs pandai atur keuangan keluarga...sy nabung di awal bulan dengan sistem autodebet dan ga pake ATM...targetnya ketika anak kuliah ga mikir lg uang pangkal dan semesteran :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga Mak, ikut tabungan pendidikan ma persiapan pensiun, langsung autodebet,

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  12. Halo, saya Elina Gulay, pemberi pinjaman pinjaman yang memberi hidup waktu kesempatan pinjaman. Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk membersihkan utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman modal untuk meningkatkan bisnis Anda? Kami membantu orang-orang dalam kesulitan keuangan Anda telah ditolak oleh Bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan konsolidasi pinjaman atau hipotek? Cari lagi seperti yang kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda dari masa lalu. Kami pinjaman dana keluar kepada orang-orang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit yang buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi pada bisnis pada tingkat 3%. Saya ingin menggunakan menengah untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan handal dan Penerima Bantuan ini dan akan bersedia menawarkan pinjaman.Jadi email kami di: elinagulay@gmail.com

    BalasHapus
  13. Hati-hati di sini. Tidak ada yang dapat membantu Anda di sini atau bahkan menyarankan bagaimana Anda bebas untuk mendapatkan bantuan keuangan. Setiap jawaban dari pemberi pinjaman kredit atas pertanyaan Anda, Anda harus mengabaikan, karena Mereka Apakah Penipuan ... penipuan yang nyata ... saya adalah korban yang saya robek Ribuan dolar ... baik terima kasih Tuhan untuk saudara Kristen yang dimaksud saya untuk sebuah organisasi pinjaman yang dibentuk oleh beberapa Ibu Clara, claraloans@financier.com.
    Mereka membuat hidup saya yang berharga dan memberikannya makna. Ketika adik memberiku semata-mata untuk Untuk kontak lebih lanjut, saya menghubungi dia. Mereka menyetujui pinjaman sebesar $ 75.000,00 USD dan dalam 48 jam setelah bertemu semata-mata untuk orang lanjut Untuk melawan persyaratan, pinjaman saya disimpan di rekening bank saya tanpa agunan. Saya akan menyesal Total hidupku, Karena pada titik waktu saya hanya bercerai ayah dari anak saya, dan anak saya (Ridwan) dihadapkan dengan situasi hidup dan mati. Jangan ragu untuk menghubungi via Email: Claraloans@financier.com. Untuk pertanyaan lebih lanjut. hubungi saya via: Yunitanurudeen@gmail.com

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  15. saya perlu pinjaman mendesak sekarang / 2015

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  28. Halo
    Aku Mr Shawn Antonio MD Sun Kredit Dan Perusahaan Pajak, A pemberi pinjaman swasta yang terdaftar dan sah. Kami memberikan jasa keuangan (PINJAMAN) dan kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga rendah dari 2% ke keuangan cacat, individu, perusahaan, industri, perusahaan dan orang-orang dalam masyarakat. Dan juga mensponsori Anda untuk melepaskan bakat Anda dan mencapai tujuan Anda, kami memberikan pinjaman mulai dari $ 2000 dan di atas ... Kami siap memenuhi kebutuhan Anda, dan bagaimana Anda bisa mendapatkan pinjaman ini secara online dan akses account online. Hubungi kami melalui
    Email: sunloanandtaxcompany@gmail.com,
    TEL +1 214-838-0660

    BalasHapus
  29. Halo
    Aku Mr Richard Fredrick meminjamkan pemberi pinjaman swasta.
    Kesempatan pinjaman dari waktu hidup
    Anda tidak perlu pinjaman mendesak untuk melunasi hutang-hutang Anda, Anda perlu meminjam uang.
    Meningkatkan Bisnis Anda
    Apakah Anda telah ditolak oleh
    Bank dan entitas keuangan lainnya?
    Apakah Anda ingin total utang atau hipotek?
    Mencari lagi, karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda.
    Di masa lalu, kami pinjamkan ke publik.
    Membutuhkan bantuan keuangan dengan kredit buruk atau membutuhkan uang.
    Untuk membayar biaya investasi sebesar 2%, saya ingin menggunakan ini.
    Sedang untuk memberitahu Anda bahwa kita di sini untuk membantu dengan keamanan dan manfaat juga.
    Akan bersedia untuk meminjamkan uang. Jadi hubungi kami hari ini melalui email.
    fredrickrichardloans@gmail.com
    Data Recovery
    1) Nama lengkap: .............................. ............... ..........
    2) Negara: .............................. ................ .............
    3) Alamat: ............... ............................... ...........
    4) .............................. ................ Negara. ............ ..
    5) Sex: .............................. ................ .............. ....
    6) Ketersediaan: .............................. ................ ...
    7) Pekerjaan: .............................. ................ .......
    8) Telepon: .............................. ................ ..
    9) Posisi saat ini di tempat kerja: .....................
    10) Bulanan Penghasilan: .............................. .. ........... ..
    11) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .............................. .......
    12) Durasi Pinjaman: .............................. .. ........... .. ...
    13) Tujuan pinjaman: .............................. ............ .
    14) Agama: .............................. ................ ..........
    15) Anda telah digunakan sebelumnya ............................. ....
    Terima
    Mr Fredrick Richardson.

    BalasHapus
  30. Apakah Anda membutuhkan tunggal, yang Anda dalam waktu yang sulit, atau masalah keuangan dan Anda telah memutuskan untuk tidak mengambil tunggal dari bank karena Anda memiliki satu masalah atau lainnya?
    Mrs Laura dapat memberikan bantuan kepada siapa pun di orang Indonesia yang telah berjubah, penipuan, menipu, dan yang telah tertipu oleh perusahaan atau bank di internet. kita pemberi pinjaman kredit handal yang memberikan pinjaman tanpa agunan dengan tingkat hanya 2%, dan dalam waktu kurang dari 24 jam. Hubungi kami hari ini melalui email kami di laura.financial.loanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  31. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak ?
    * Sangat cepat dan mendesak transfer ke rekening bank Anda
    * Pembayaran mulai delapan bulan setelah Anda mendapatkan uang dalam Anda
    akun bank
    * Rendah suku bunga 2 %
    * Pembayaran jangka panjang ( 1-30 tahun ) durasi
    * Persyaratan pinjaman Fleksibel dan pembayaran bulanan
    * . Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mendanai ? Setelah mengajukan permohonan kredit ,
    Anda dapat mengharapkan bahwa respon awal kurang dari 24 jam dan
    pendanaan dalam 72-96 jam setelah menerima informasi yang kita butuhkan
    darimu.

    Hubungi sah dan berlisensi resmi perusahaan pinjaman
    bahwa bantuan keuangan kepada negara-negara lain .
    Untuk informasi lebih lanjut dan formulir aplikasi pinjaman melalui kontak sekarang

    email : saraelahi239@gmail.com

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  33. Halo,
    Hal ini untuk memberitahukan kepada masyarakat umum bahwa Nyonya, Janny jasa, pemberi pinjaman kredit swasta memiliki membuka peluang keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman dengan bunga 2% kepada individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan dimengerti. hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (kingswillloan@gmail.com)

    BalasHapus
  34. Keren papanya.... saya lg belajar nih.... susah juga ternyata... hihi

    BalasHapus
  35. Wah bener banget pemikiran papanya mb Rizka. jangan sampai besar pasak daripada tiang.

    BalasHapus
  36. Hari baik semua orang dari negara saya nama saya Wioletta Indonesia Polandia saya datang ke sini di blog untuk referensi sebuah perusahaan yang legit dan bebas dari penipuan, dan perusahaan di mana saya menguangkan pinjaman saya $ 35,000,00 kemarin dan saya datang ke sini saat ini untuk ketus kepada semua orang yang membutuhkan pinjaman yang masih ada perusahaan Anda dapat selalu percaya dan mengandalkan karena pada kasus saya saya menemukan perusahaan bernama Stella Rene perusahaan pinjaman yang merupakan perusahaan di mana saya menguangkan pinjaman kemarin jadi harap bisa terhubung dengan ini perusahaan dalam kasus Anda membutuhkan pinjaman mendesak hari ini karena Anda akan selalu mendapatkan pinjaman di sini email di bawah ini {mrsstellareneloanfirm1@hotmail.com} untuk informasi lebih lanjut hari ini.

    Wioletta

    BalasHapus
  37. Kami disetujui pemerintah dan pemberi pinjaman kredit bersertifikat Perusahaan kami tidak menawarkan pinjaman mulai dari pribadi untuk pinjaman industri untuk orang atau perusahaan yang tertarik yang mencari bantuan keuangan pada tingkat bunga dinegosiasikan 2% kesempatan untuk menghapus dept Anda., Mulai atau meningkatkan bisnis Anda dengan pinjaman dari pinjaman perusahaan kami diberikan di Pounds (£), dollar ($) dan Euro. Jadi mengajukan pinjaman sekarang orang yang tertarik harus menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Mengisi informasi data peminjam. Hubungi kami sekarang melalui: jenniferdawsonloanfirm20@gmail.com
    (2) Negara:
    (3) Alamat:
    (4) Kota:
    (5) Sex:
    (6) Status Pernikahan:
    (7) Bekerja:
    (8) Nomor Handphone Telepon:
    (9) Pendapatan Bulanan:
    Jumlah (10) Pinjaman Dibutuhkan:
    (11) Jangka waktu pinjaman:
    (12) Tujuan Pinjaman:

    Terima kasih atas pengertian Anda karena kami berharap untuk mendengar dari Anda segera.

    E-Mail: jenniferdawsonloanfirm20@gmail.com

    BalasHapus
  38. Halo,, saya Mr Emmanuel Brown yang C.E.O dari Emmanuelbrown company.we pinjaman memiliki 5 tahun dari experince di buswe ini menawarkan pinjaman cepat untuk membantu pelanggan kami estemmed mencapai ada tujuan hidup, kami memberikan jasa dengan tingkat bunga 2% per tahun. Ini adalah kesempatan keuangan pada langkah pintu Anda. Ada banyak orang di luar sana mencari bantuan keuangan di banyak tempat dan sejauh ini, mereka masih tidak bisa mendapatkannya. Namun, peluang keuangan ini dapat membantu Anda mendapatkan pinjaman untuk tagihan medis Anda, membeli rumah, membayar sewa, membeli mobil dan melunasi hutang yang timbul. dan dengan demikian Anda tidak mampu untuk lewatkan kesempatan ini. Layanan ini akan memberikan individu, profesional, bisnis pria dan wanita. Jumlah pinjaman berkisar dari jumlah pilihan yang tersedia untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami throug e-mail kami: (emmanuelbrownloancompany@gmail.com)
    aplikasi pinjaman formulir untuk mengisi dan mengembalikan.

    Nama lengkap ....................................
    nomor telepon pribadi ............................
    Negara ...........................................
    Alamat ......................................
    Negara ..............................
    Umur .............................................
    Anda telah diterapkan sebelumnya? .......................
    Status perkawinan .................................
    jumlah pinjaman diperlukan .....................................
    Kerja ....................................
    Pendapatan bulanan .............................
    Tertarik pelamar harus e-mail perusahaan di alamat email yang ditunjukkan di bawah

    Terima kasih atas kerja sama anda,

    Mr Emmanuel Brown

    BalasHapus
  39. Halo, ini adalah untuk menginformasikan kepada masyarakat umum, tentang penipuan pinjaman internet, itu benar-benar menyebabkan banyak kerusakan dan telah membawa beberapa keluarga dalam pemisahan dan penderitaan. Kami benar-benar berjuang untuk membawa para pelaku ke buku. Namun akan membutuhkan bantuan Anda, karena tanpa bantuan Anda, kami tidak bisa mengakhiri penipuan internet ini. Apa yang kita inginkan dari Anda sekarang adalah bagi Anda untuk mengisi formulir di bawah ini tepat.

    Nama Perusahaan: .............................................
    Perusahaan Usulan Alamat: ........................
    Perusahaan Alamat Email: ................................
    Jumlah Total Dibayar: .............................................
    Penerimaan Scan: ............................................... ......
    Nama Penerima: ............................................
    Cara Pembayaran: ..............................................

    Catatan: Informasi ini adalah bagi mereka yang telah menjadi korban oleh warga Nigeria yang berpura-pura menjadi pemberi pinjaman kredit sedangkan mereka tidak. Jadi Polisi Nigeria dan EFCC bekerja begitu keras untuk memastikan kejahatan ini dibawa ke berhenti. Jika Anda cukup beruntung uang Anda menghabiskan mungkin dikembalikan kembali kepada Anda.
    Di sini kita hanya memiliki dua kreditur yang kredibel baik lokal maupun internasional, jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman kita bisa juga memberikan arahan yang lebih baik dan menyarankan untuk membimbing Anda dalam mendapatkan yang lebih baik dan transaksi transparan. Anda dapat menghubungi kami: nigerianpolice151@gmail.com

    BalasHapus
  40. Apakah Anda ingin memulai atau tumbuh bisnis yang ada? Ibu Bernice Louis Pinjaman Perusahaan (BLC) telah datang untuk membuat impian Anda menjadi kenyataan. Kami memberikan pinjaman kepada individu swasta atau pemerintah dan Perusahaan dengan tingkat bunga 2% pada setiap jumlah yang dibutuhkan dan dengan jadwal pembayaran yang fleksibel. Hubungi Mrs. Bernice Louis untuk Anda PINJAMAN hari ini melalui email: bernicelouisloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  41. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  42. Apakah Anda mencari investasi dan kredit swasta? Mencari lagi karena Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Global Finance Terbatas memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau, silahkan hubungi kami melalui e-mail melalui: (elizabethpatrickglobalfinance@gmail.com)

    APLIKASI DATA

    1) Nama:
    2) Negara:
    3) Alamat
    4) Negara:
    5) Jenis Kelamin:
    6) Status perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi sekarang di tempat kerja:
    10) pendapatan bulanan:
    11) dibutuhkan jumlah Pinjaman:
    12) durasi pinjaman:
    13) Tujuan pinjaman:
    14) Agama:
    15) Apakah Anda menerapkan sebelum:
    16) Tanggal Lahir:
    Terima kasih.

    BalasHapus
  43. Halo, saya Mrs Maureen Martins, pemberi pinjaman pinjaman pribadi. Apakah Anda dalam utang yang buruk? Anda ingin memperluas bisnis Anda, membayar tagihan Anda, renovasi rumah, atau jika Anda memerlukan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman dengan bunga 2% kepada individu dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang dipahami.
    hubungi kami melalui email:
    (Maureenmartinsloanfirm@gmail.com)
    MAUREENMARTNSLOANFIRM

    BalasHapus
  44. Saya Ibu Hannah Boss, A pemberi pinjaman uang, saya meminjamkan uang kepada individu atau perusahaan yang ingin mendirikan sebuah bisnis yang menguntungkan, yang menjadi periode utang lama dan ingin membayar. Kami memberikan segala jenis pinjaman Anda dapat pernah memikirkan, Kami adalah ke kedua pinjaman pribadi dan Pemerintah, dengan tingkat suku bunga kredit yang terjangkau sangat. Hubungi kami sekarang dengan alamat email panas kami: (hannahbossloanfirm@gmail.com) Kebahagiaan Anda adalah perhatian kami.

    BalasHapus
  45. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  46. setuju, besaran pengeluaran berkisar antara 40% - 60% dari penghasilan, sedang sisanya untuk tabungan, investasi dan sedekah atau berbagi.
    keuntungan prusahaan mayora

    BalasHapus
  47. perencanaan masa pensiun hingga investasi. Semua produk tersebut menjawab tiga kebutuhan mendasar : kebutuhan akan perlindungan, kebutuhan akan tabungan dan kebutuhan akan investasi.
    keuntungan perusahaan

    BalasHapus
  48. Saya Devina dari indonesia di Surabaya, saya mengabdikan waktu saya di sini karena janji yang saya buat untuk Nyonya Elizabeth yang kebetulan merupakan pemberi pinjaman online dari perusahaan pinjaman Elizabeth dan saya berdoa kepada ALLAH agar dia dapat melihat posting saya pada hari ini.

     Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar diposting oleh seorang wanita bernama Arnah dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online dari Dr James Mowat, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Nyonya Elizabeth dan Nyonya Elizabeth meminjamkan 2.500.000 Rupiah tanpa tekanan dan tunda, jangan hubungi Dr. James Mowat melalui email: jamesmowatloanfirm@gmail.com untuk menghindari menjadi korban penipuan.

    Saya memutuskan untuk menghubungi Arnah untuk mengkonfirmasi apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari Nyonya Elizabeth, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Nyonya Elizabeth saya bersikeras bahwa dia harus tolong beri tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan itu sangat mudah tentang bagaimana mengajukan permohonan pinjaman dari Nyonya Elizabeth yang perlu saya lakukan adalah menghubungi dia, mengisi formulir aplikasi mengirimnya kembali, mengirim salinan pindaian kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya . lalu saya bertanya padanya bagaimana Anda mendapat pinjaman? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, itu sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Nyonya Elizabeth dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untungnya bagi saya saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya berhasil disetujui tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta untuk membuat janji untuk membagikan kabar baik Nyonya Elizabeth dan itu adalah mengapa Anda melihat posting ini hari ini. untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan dari 150000000 Rupiah. Jadi saya menyarankan setiap orang yang mencari sumber yang dapat dipercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Nyonya Elizabeth melalui Email: elizabethchristopherloan@gmail.com untuk pinjaman aman Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya : devinairf128@gmail.com atau Anda juga dapat menghubungi Arnah di arnahnana01@gmail.com. Saya percaya satu giliran yang baik layak mendapat yang lain.

    BalasHapus
  49. Di dalam Islam Allah mengajarkan kepada kita bagaimana memberi yang terbaik terutama ketika tetangga Anda dalam kebutuhan keuangan, karena kami dan seluruh staf RAMADHAN ISLAMIYAT LOAN FIRM sampai pada kesimpulan bahwa kami harus menyediakan bantuan keuangan bagi mereka yang berada di keuangan kebutuhan seperti mereka yang membutuhkan dana untuk ekspansi bisnis mereka yang membutuhkan uang untuk proyek yang sangat tinggi didirikan dan kami memberikan pinjaman kepada semua saudara muslim dan saudari kita dan juga untuk non muslim seperti Mashallah {ما شاء الله}

    Mata uang kami berkisar dari {$, IDR, RM, €, £} ke mata uang lainnya dan semuanya sesuai dengan peraturan Dana Moneter Internasional {IMF} untuk transfer uang sehingga cukup untuk mengatakan bahwa kami sepenuhnya berlisensi untuk mengoperasikan dan bertransaksi bisnis dalam mata uang apa pun di dunia, silakan hubungi kami {ramadhanislamiyatloans@gmail.com}
       Apakah Anda berutang harap menghentikan kepanikan proses kami di sini sangat cepat dan cepat karena Anda dapat membayar semua hutang terutang Anda dalam waktu 48 jam setelah melamar
    RAMADHAN adalah semua tentang kekudusan sehingga kita tidak menipu atau menipu semua yang perlu Anda lakukan hanya bagi Anda untuk memiliki penghasilan stabil juga harus ada sarana di mana Anda dapat mengidentifikasi diri Anda {KTP} dan kemudian Anda harus memiliki Bank akun di mana Anda ingin kami menyimpan email uang ::::: {ramadhanislamiyatloans@gmail.com}

        Proses di sini tidak rumit, melainkan sangat cepat dan fleksibel

    Wa 'alaykum al-salaam {وعليكم السلام}

    BalasHapus
  50. Assalamu`alaikum

    ANNISA AHMAD LOAN COMPANY


    Halo, saya. Annisa Ahmad, kredit pribadi bagi kreditor untuk meminjamkan uang
    Saat yang tepat Anda membutuhkan pinjaman untuk uang Anda atau
    pinjaman Anda ingin Mengisi bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank
    Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Awal
    lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memiliki pinjaman atau hipotek?
    Mencari lebih banyak, karena ini adalah tempat Kami melakukan segalanya untuk menjaga masalah keuangan kami tetap rendah
    ke masa lalu Kami meminjamkan uang kepada orang yang membutuhkan Keuangan,
    kredit macet atau uang untuk uang
    Bisnis di level 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda
    Kami memberikan bantuan dan penerimaan yang dapat diandalkan, dan siap menawarkan pinjaman.
    Tidak ada jumlah yang Anda butuhkan, kami hadir untuk menawarkan Anda membuat Anda datang, Anda akan mendapatkan pinjaman Anda bagaimana sevice dijamin 100%, kami akan dengan jumlah yang Anda dapatkan dari negara manapun dengan EUR / USD 1M jadi com dan mendapatkan pinjaman Anda di sini dengan 2 Tuhan memberkati Anda semua saat Anda datang dan mendapatkan milik Anda.

    Jadi hubungi kami hari ini melalui email:
    (annisaahmadlaoncompany@gmail.com)
    También puede contactarnos por Pin BBM:
    (DB5121C1)
    Anda dapat menghubungi kami di FACE BOOK:
    (Annisa Ahmad)
    Apa yang salah:
    (+393511318582)

    BalasHapus
  51. Saya Devina dari indonesia di Surabaya, saya mengabdikan waktu saya di sini karena janji yang saya buat untuk Nyonya Elizabeth yang kebetulan merupakan pemberi pinjaman online dari perusahaan pinjaman Elizabeth dan saya berdoa kepada ALLAH agar dia dapat melihat posting saya pada hari ini.

     Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar diposting oleh seorang wanita bernama Arnah dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online dari Dr James Mowat, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Nyonya Elizabeth dan Nyonya Elizabeth meminjamkan 2.500.000 Rupiah tanpa tekanan dan tunda, jangan hubungi Dr. James Mowat melalui email: jamesmowatloanfirm@gmail.com untuk menghindari menjadi korban penipuan.

    Saya memutuskan untuk menghubungi Arnah untuk mengkonfirmasi apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari Nyonya Elizabeth, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Nyonya Elizabeth saya bersikeras bahwa dia harus tolong beri tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan itu sangat mudah tentang bagaimana mengajukan permohonan pinjaman dari Nyonya Elizabeth yang perlu saya lakukan adalah menghubungi dia, mengisi formulir aplikasi mengirimnya kembali, mengirim salinan pindaian kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya . lalu saya bertanya padanya bagaimana Anda mendapat pinjaman? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, itu sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Nyonya Elizabeth dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untungnya bagi saya saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya berhasil disetujui tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta untuk membuat janji untuk membagikan kabar baik Nyonya Elizabeth dan itu adalah mengapa Anda melihat posting ini hari ini. untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan dari 150000000 Rupiah. Jadi saya menyarankan setiap orang yang mencari sumber yang dapat dipercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Nyonya Elizabeth melalui Email: elizabethchristopherloan@gmail.com untuk pinjaman aman Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya : devinairf128@gmail.com atau Anda juga dapat menghubungi Arnah di arnahnana01@gmail.com. Saya percaya satu giliran yang baik layak mendapat yang lain.

    BalasHapus
  52. Saya ingin mengembalikan semua kemuliaan kepada Allah atas apa yang dia gunakan untuk dilakukan oleh Ibu Alicia Radu dalam hidup saya, nama saya Yetty Sunarsih dari Sandakan di malaysia, saya seorang janda dengan 3 anak, suami saya meninggal dalam kecelakaan mobil dan sejak itu hidup telah menjadi sangat kasar bagi saya dan keluarganya dan saya telah mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari bank-bank di malaysia dan saya ditolak dan dikurangi karena saya tidak memiliki jaminan dan tidak bisa mendapatkan pinjaman dari bank dan saya sangat sedih
    pada hari ini yang setia ketika saya melalui internet, saya melihat kesaksian ROBBI bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari Ibu Alicia Radu dan saya menghubungi dia untuk bertanya tentang Ibu dan bagaimana benar pinjaman dari Ibu Alicia Radu dan dia mengatakan kepada saya bahwa benar dan saya menghubungi Ibu Bunda Alicia Radu dan mengajukan permohonan pinjaman dan pinjaman Saya diproses dan disetujui dan dalam 24 jam saya mendapat uang pinjaman saya peringatan di akun saya dan ketika saya memeriksa akun saya, pinjaman saya masih utuh dan saya sangat bahagia dan saya bersumpah bahwa setiap perusahaan yang meminjamkan pinjaman saya akan memberikan deskripsi perusahaan, jadi saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Alicia Radu melalui email :( aliciaradu260@gmail.com) dan Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (yettysunarsihs850@gmail.com) untuk informasi dan juga teman saya Annisa Barkarya melalui emailnya :( robbi5868@gmail.com)

    BalasHapus
  53. Halo untuk semua yang menerima pinjaman yang sah selalu menjadi masalah besar bagi pelanggan yang memiliki masalah keuangan dan butuh solusi. Masalah kredit dan agunan adalah sesuatu yang klien selalu khawatir ketika mencari pinjaman dari pemberi pinjaman yang sah. Tapi ... kami telah membuat perbedaan dalam industri pinjaman. Kami dapat mengatur pinjaman dengan kisaran $ 10.500. Pada $ 9500.000.000, serendah 2% bunga, segera tanggapi email ini: (instantloanservice60@gmail.com)

    Layanan kami meliputi hal-hal berikut:
    Konsolidasi hutang
    Hipotek kedua
    Pinjaman Bisnis
    Pinjaman pribadi
    Pinjaman Internasional
    Pinjaman untuk jenis apa pun
    Pinjaman keluarga
    ETC

    Tidak ada jaminan sosial dan tidak ada pemeriksaan kredit, 100% jaminan. Yang harus Anda lakukan hanyalah memberi tahu kami apa yang Anda inginkan dan kami pasti akan mewujudkan impian Anda. (PERUSAHAAN PINJAMAN). SI mengatakan ketika bank Anda mengatakan TIDAK. Akhirnya, kami membiayai perusahaan pinjaman skala kecil, perantara, lembaga keuangan skala kecil karena kami memiliki modal tak terbatas. Untuk detail lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman, hubungi kami, harap segera tanggapi email ini: (instantloanservice60@gmail.com)

    BalasHapus
  54. Apakah Anda mengalami kesulitan mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan Anda, saya manajer pemasaran Mr. JORGE JIMENEZ di INSTANT LOAN COMPANY. Anda secara finansial ketat.

    * Mencari dana untuk membayar kreditor atau utang * Mencari pembiayaan untuk memulai bisnis

    * Apakah Anda membutuhkan pinjaman pribadi?

    * Jika Anda menjawab ya untuk salah satu pertanyaan di atas, maka tidak perlu mencari lagi.

    * Pinjam hingga 950.000.000,00 USD

    * Pilih antara 1 hingga 50 tahun pengembalian

    * Pilih antara pengembalian uang bulanan dan tahunan

    * Ketentuan pinjaman yang fleksibel

    * 2% Suku bunga
    Jika Anda tertarik untuk meminjamkan kami, hubungi perusahaan melalui ini
    Email: instantloanservice60@gmail.com

    BalasHapus
  55. Halo, saya Ny. GLORIA Peminjam Pinjaman Swasta. Kami memberikan pinjaman kepada perusahaan 2% lebih rendah. Apakah Anda perlu pinjaman segera untuk membayar utang, ATAU Anda memerlukan pinjaman usaha untuk meningkatkan bisnis Anda, membayar tagihan Anda dan meningkatkan kesuburan perusahaan Anda? apakah Anda telah ditolak oleh Bank dan lembaga keuangan lainnya? kami memberikan layanan yang baik kepada individu, perusahaan, pria dan wanita bisnis dan kami bersedia membantu orang yang bersedia menulis kepada perusahaan kami dan mendaftar dengan kami dan kami akan membantu banyak orang yang secara finansial turun. Namun, Opportunity Finance ada di Door Step Anda, jadi hubungi kami hari ini melalui email di: (gloriasloancompany@gmail.com) Atau WhatsApp Number +1 (361) 645-7557 dan dapatkan pinjaman Anda hari ini.
    Mrs. Gloria S MD / CEO
    PERSYARATAN KREDIT INFORMASI YANG DIPERLUKAN:
    1) Nama lengkap: ............
    2) Jenis Kelamin: ............ .....
    3) Umur: ........................
    4) Negara: .................
    5) Nomor Telepon: ........
    6) Pekerjaan: ..............
    7) Penghasilan: ......
    8) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan: ....
    9) Jangka waktu pinjaman: ...............
    10) Alasan pinjaman: ...........
    11) Sudahkah Anda mengajukan permohonan dan ditolak? Kemudian ........
    12) Apakah kamu berbicara bahasa Inggris .......
    Salam

    BalasHapus
  56. Papa yang baik perlu dicontoh dalam mengeloloa keuangan. Thanks artikelnya mba, sangat membantu.

    BalasHapus
  57. Assalamualaikum
    Nama saya muhammad abdul
    Dari jakarta selatan indonesia
    email muhammadabdul5151@gmail.com
    nomor telepon +6285574670570
    nomor whatsapp +6285574670570
    Saya berterima kasih kepada ALLAH karena telah mengakhiri penderitaan saya melalui Anthony Yuliana Lenders, untuk beberapa waktu sekarang bisnis saya sedang turun dan saya telah mencari pinjaman besar untuk meningkatkan bisnis saya kembali ke kehidupan, saya telah ditipu berkali-kali semua berjanji pada saya untuk meminjamkan uang tetapi mereka selalu menipu dan berbohong kepada saya, sampai saya menemukan ibu yuliana dan memberi saya jumlah pinjaman sebesar Rp 1,3 miliar, saya hanya melakukan pembayaran untuk asuransi pinjaman saya dan biaya transfer sebelum pinjaman saya ditransfer ke akun saya, bagi mereka yang mencari pinjaman harus berhati-hatilah karena 75% pinjaman online palsu, bagi mereka yang mencari pinjaman harus menghubungi Anthony Yulinana Pemberi Pinjaman adalah 100% pemberi pinjaman pinjaman online yang sah,
    anthony.yulianalenders@gmail.com
    whatsapp +13234026088

    BalasHapus
  58. (okahomeloanfirm@gmail.com) {+1 (305) 3405290}

    Nama saya lukwalukason dari Delhi Jawa Barat Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih kepada pemberi pinjaman okahome yang sangat baik atas bantuan yang mereka berikan kepada saya untuk mendapatkan pinjaman musim ini dan untuk perpanjangan pinjaman bermusim di kota Delhi tempat saya tinggal , kerana coronavirus saya tidak dapat menahannya. Saya memikirkan bagaimana mengubah hidup saya dan kemudian saya terus meminta pertolongan kepada Tuhan, dan dia memberi saya kawan baik yang memimpin saya untuk membuat syarikat pinjaman yang baik. Saya menggunakan peluang hebat ini untuk memberitahu semua orang untuk menghubungi syarikat pinjaman okahome dengan cepat untuk mendapatkan bantuan ,, Sekiranya anda mencari pinjaman, jangan lupa untuk menghubungi syarikat pinjaman {+1 (305) 3405290} okahom, pinjaman anda boleh mengubah kisah anda dalam masa 24 jam, syarikat pinjaman okahome hanyalah sebuah syarikat yang dapat memberi anda pinjaman dengan kadar 1% tanpa tekanan (okahomeloanfirm@gmail.com)
    semoga Allah memberkati saudara-saudaraku yang juga mendapat bantuan di syarikat pinjaman okahome, jika anda memerlukan lebih banyak maklumat dari saya, anda juga boleh menghubungi saya melalui e_mail (lukwalukason331@gmail.com)

    BalasHapus
  59. Assalamualaikum
    Nama saya muhammad abdul
    Dari jakarta selatan indonesia
    email muhammadabdul5151@gmail.com
    nomor telepon +6285574670570
    nomor whatsapp +6285574670570
    Saya berterima kasih kepada ALLAH karena telah mengakhiri penderitaan saya melalui Anthony Yuliana Lenders, untuk beberapa waktu sekarang bisnis saya sedang turun dan saya telah mencari pinjaman besar untuk meningkatkan bisnis saya kembali ke kehidupan, saya telah ditipu berkali-kali semua berjanji pada saya untuk meminjamkan uang tetapi mereka selalu menipu dan berbohong kepada saya, sampai saya menemukan ibu yuliana dan memberi saya jumlah pinjaman sebesar Rp 1,3 miliar, saya hanya melakukan pembayaran untuk asuransi pinjaman saya dan biaya transfer sebelum pinjaman saya ditransfer ke akun saya, bagi mereka yang mencari pinjaman harus berhati-hatilah karena 75% pinjaman online palsu, bagi mereka yang mencari pinjaman harus menghubungi Anthony Yulinana Lenders adalah 100% pemberi pinjaman online yang sah,
    anthony.yulianalenders@gmail.com
    whatsapp +13234026088

    BalasHapus
  60. Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

    Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

    Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

    BalasHapus
  61. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus
  62. Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

    Contact Details:

    e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
    WhatsApp:::+6282274045059
    Company::Iskandar Lenders"""""
    Loan Amount:::Rp.700juta
    Name:::::Angga Annisa
    Country::::Indonesia
    Occupation:Trader
    Year:April,2020

    Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
    Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

    BalasHapus
  63. Nama saya lazu dorin i dari Jakarta di Indonesia, saya seorang pereka fesyen dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet,

    begitu banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. menipu anda dengan wang anda yang susah payah, saya memohon pinjaman untuk sekitar Rp 900,000,000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta namun saya tidak mendapat pinjaman dan perniagaan saya adalah sekitar jatuh hutang

    Semasa saya mencari syarikat pinjaman peribadi yang boleh dipercayai, saya melihat iklan lain dalam talian dan nama syarikat itu adalah SYARIKAT PINJAMAN DUNIA. Saya kehilangan 15 juta dengan mereka dan sehingga hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya minta.

    Ya Tuhan, rakan-rakan saya yang memohon pinjaman juga menerima pinjaman itu, memperkenalkan saya kepada syarikat yang dipercayai di mana GLOBAL FINANCE LIMITED bekerja sebagai pengurus cawangan, dan saya memohon pinjaman sebanyak IDR 900,000,000 dan mereka meminta bukti kelayakan saya,

    dan setelah itu mereka selesai mengesahkan butir-butir saya, pinjaman itu diluluskan untuk saya dan saya fikir itu hanya gurauan, dan mungkin ini adalah salah satu penipuan yang membuat saya kehilangan wang, tetapi saya terkejut. Apabila saya mendapat pinjaman dalam masa kurang dari 6 jam dengan kadar faedah rendah 2% tanpa cagaran

    Saya sangat gembira Tuhan menggunakan rakan-rakan saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan kerana saya berjaya menjadikan perniagaan saya melambung tinggi dan dilikuidasi dan sekarang perniagaan saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakan. tahu mengenai syarikat fesyen.

    Oleh itu, saya menasihati semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara-negara lain yang memerlukan pinjaman untuk satu tujuan atau tujuan lain untuk berhubung
    ibu augusta Ibramhim melalui e-mel: augustaibramhim11@gmail.com

    Anda juga boleh menghubungi saya melalui e-mel saya: (lazulazudorin@gmail.com) dan Amrizal memperkenalkan dan bercakap mengenai Augusta Ibramhim, dia juga mendapat pinjaman baru dari Augusta, anda juga boleh menghubunginya melalui email: {amrizalamrizaloppo@gmail.com) Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah berusaha membuat pembayaran pinjaman yang saya hantar terus ke akaun mereka setiap bulan.

    Satu perkataan untuk orang bijak sudah memadai,

    Terima kasih sekali lagi kerana membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita dan memberi kita kehidupan yang panjang dan sejahtera dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup anda.
    Ibu yang baik Augusta Ibramhim e-mel: augustaibramhim11@gmail.com ..

    BalasHapus
  64. Halo semua, Nama saya Amrizal Oppo Saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang pelajar, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati kerana terdapat banyak syarikat penipuan dan pinjaman jenayah di sini di internet, Sehingga saya melihat siaran Encik Tanu Widjaya mengenai Puan abrusthim dan saya menghubunginya melalui e-mel: (augustaibramhim11@gmail.com)

    Beberapa minggu yang lalu, saya terdesak untuk membantu dengan kos sekolah dan projek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat menyelesaikan beberapa perkara yang tidak mencukupi, jadi saya mencari pinjaman dalam talian tetapi ditipu.

    Saya hampir tidak berputus asa sehingga saya meminta nasihat daripada rakan saya, Tanu Widjaya memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat boleh dipercayai yang memberi pinjaman tanpa jaminan sebanyak IDR 500,000,000 dalam masa kurang dari 2 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan kadar faedah rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa akaun bank saya dan mendapati bahawa nombor saya terpakai dipindahkan serta merta ke akaun bank saya tanpa berlengah atau kecewa, saya segera menghubungi ibu melalui (augustaibramhim11@gmail.com)

    Dan saya juga diberi pilihan sama ada saya mahu cek kertas dihantar kepada saya melalui kurier, tetapi saya memberitahu mereka untuk memindahkan wang ke akaun bank saya, kerana saya berjanji bahawa saya akan menyampaikan berita baik agar orang ramai mendapat pinjaman mudah tanpa tekanan atau kelewatan.

    Pastikan dan yakin bahawa ini sahih kerana saya mempunyai semua bukti pemprosesan pinjaman ini termasuk kad pengenalan, dokumen perjanjian pinjaman dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Puan AUGUSTA IBRAMHIM dengan rasa hormat dan kepercayaan syarikat yang sepenuh hati kerana dia sangat membantu hidup saya untuk membayar projek saya. Anda sangat beruntung kerana berpeluang membaca kesaksian ini hari ini. Oleh itu, jika anda memerlukan pinjaman, sila hubungi Puan melalui e-mel: (augustaibramhim11@gmail.com)

    Anda juga boleh menghubungi saya melalui e-mel saya di (
    amrizalamrizaloppo@gmail.com) jika anda merasakan kesulitan atau ingin prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, apa yang saya lakukan adalah berusaha memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya hantar terus ke akaun bulanan anda seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Puan Augusta Ibramhim untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  65. nama saya Julia Simon, saya adalah korban penipuan di tangan pemberi pinjaman palsu. Saya telah kehilangan sekitar $ 45.000,00 karena saya membutuhkan modal besar $ 200.000,00. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Bisnis saya hancur dan dalam proses itu saya kehilangan putra saya. Saya tidak tahan lagi dengan hal ini. pada Januari 2018, teman saya memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik, Ny. Augusta Ibramhim, yang pada akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman di perusahaan pinjaman tempat dia bekerja. Ibu yang baik, Augusta Ibramhim, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih dan semoga Tuhan melanjutkan untuk memberkatimu. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menasihati sesama orang Indonesia bahwa ada banyak scammer di luar sana, jadi jika Anda memerlukan pinjaman, dan ingin mendapatkan pinjaman dengan cepat, hanya mendaftar melalui Mrs Augusta Ibramhim dan Anda dapat menghubunginya melalui email: (augustaibramhim11 @ gmail.com). Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (juliasimon460@gmail.com). jika Anda memiliki keraguan. tolong dia satu-satunya orang yang bisa diandalkan dan dapat dipercaya.

    Terima kasih.

    BalasHapus
  66. Selamat siang
    Nama saya Fatma Wati, saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman internet karena begitu banyak pemberi pinjaman Internet di sini semuanya penipu dan mereka hanya berbagi cerita untuk menipu Anda dari uang Anda, saya melamar pinjaman $ 55,000,00 dari seorang wanita di Jerman dan saya kehilangan jumlah $ 5.500,00 tanpa mendapatkan pinjaman,

    Pada tanggal 27 September 2018 ini, teman saya DIANA JAMES di tempat kerja saya memberi tahu saya bagaimana dia mengajukan pinjaman dari GLOBAL FINANCE LIMITED dan dia akhirnya menerima pinjamannya. Saya tidak pernah percaya dia sampai saya pergi dengannya ke bank untuk mengkonfirmasikannya dan saya kagum karena saya kehilangan banyak uang hanya untuk mendapatkan pinjaman untuk keluarga saya.

    Semoga Tuhan memberkati nyonya yang baik, Ny. Augusta Ibramhim atas apa yang dia lakukan kepada saya dan rumah tangga saya, saya memberi tahu teman saya untuk memperkenalkan saya kepada ibu yang baik. Augusta Ibramhim, GLOBAL FINANCE LIMITED, dia dan saya mengajukan pinjaman $ 190.000,00
    Saya mematuhi persyaratan dan ketentuan pinjaman perusahaan dan permohonan pinjaman saya disetujui untuk saya tanpa tekanan dan kesulitan.

     Akhirnya, saya menerima pinjaman $ 190.000,00 di rekening bank saya dan saya menelepon teman saya DIANA JAMES bahwa saya telah menerima pinjaman dan saya juga telah memperkenalkan begitu banyak orang kepada ibu yang baik Nyonya Augusta Ibramhim.
    Saya ingin Anda yang membaca kesaksian saya untuk menghubungi ibu yang baik jika Anda membutuhkan pinjaman sehingga Anda juga akan bersaksi tentang niat baik ibu yang baik itu.

    jadi saya menggunakan jalan ini untuk memberi tahu setiap orang Indonesia dan orang lain yang tepat untuk membaca kesaksian saya dan dia membutuhkan pinjaman untuk dihubungi
    Madam Augusta Ibramhim via EMAIL: (augustaibramhim11@gmail.com)
    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui EMAIL: fatmawati24111m@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi teman saya DIANA JAMES melalui EMAIL-nya: dianajames111m@gmail.com

    SEKALI LAGI TERIMA KASIH SEMUA UNTUK MEMBACA KESAKSIAN SAYA, DAN MUNGKIN ALLAH LANJUTKAN UNTUK MEMBERKATI KITA SEMUA DAN MEMBERIKAN KEHIDUPAN DAN KEMAKMURAN PANJANG, AMIN.

    BalasHapus
  67. SIGNET UK FINANCE PLC is a British based financial consulting company with years of experience in the international and local finance market. Be it lease bank guarantee, Stand by letter of credit or any type of refinancing, talk to our team at SIGNET UK FINANCE PLC and certainly we will set your business on the right path with our sound and quality financial advice and services. Our bank instrument can be help you fund you projects in Trading, funding project(s) such as Aviation, Agriculture, Petroleum, Telecommunication, construction of Dams, Bridges, Real Estate and all kind of projects.Having years of professional, invaluable experience in the banking and finance industry, and having access to dozens of different prominent trusted and reliable providers, our Financial Services consultants will crawl through hundreds of products to find one that perfectly matches your needs.

    Purchase Instrument of BG/SBLC : 38%+2% Min Face Value cut =5M- 10B EUR/USD
    Lease Instrument of BG/SBLC    : 6%+2% Min Face Value cut = 5M- 10B EUR/USD

    Contact Name: Alex James
    Email:signetukfinanceplc@gmail.com
    SKYPE:signetukfinanceplc@hotmail.com
    Whatsapp #:+971 55 178 0389

    BalasHapus

  68. When I needed money I went on the web and found an amazing lender who got money to me in about three days then after about one year I was contacted with even another amazing offer more money at a great interest rate. I have been a customer for more than 2 years now, and I have been able to send my children to college and started a new business, which improved my credit rating. I was also able to take care of some unforeseen emergencies. The people I encountered were very polite, helpful and wanted to help me as quickly as possible. They explained everything clearly and had the paperwork to me via email within the hour. They had the funds in my account within a couple of days. I would highly recommend Pen Fed Credit Email: (penfedcredit45@gmail.com)

    BalasHapus
  69. We are Providers of all types of BG and SBLC with the best workable procedures. Our BG/SBLC ranges from MT799, MT760,(Both two way confirmation), MT103/23, MT103 (Both can be one way confirmation and two way confirmation) in USD and EUROS. Issuing Bank ranges from Top world 25 banks with face value ranging from 1M EUROS/USD to 10B EUROS/USD

    BROKERS ARE WELCOME & 100% PROTECTED!!!
    Intermediaries/Consultants/Brokers are welcome to bring their clients and cases to our attention and in complete confidence we will work together for the benefits of all parties involved.

    Our BG/SBLC Financing can help you get your project funded, loan financing, please let me know if you are interested in any of our services, by providing you with yearly renewable leased bank instruments. We work directly with issuing bank lease providers, this Instrument can be monetized on your behalf for 100% funding.

    We are ready to close leasing with any interested client in a few banking days, if interested do not hesitate to contact me directly. [via Contact Form Below]

    Regards

    Dimitrij Conradi
    Email: dimi.conradi1970@gmail.com
    conradi.dimitrij@bk.ru
    Skype: conradi.dimitrij@bk.ru
    WhatsApp: +90 552 674 4696

    BalasHapus

Terima kasih sudah mengunjungi blog ini. Saya senang menerima komentar yang baik dan membangun. Harap tidak meninggalkan link hidup.

Blog Design by Handdriati