Selasa, 23 September 2014

SUSUNYA APA?

Sebenarnya saya pengen bikin tulisan untuk GAnya Mak Airin. Sudah semenjak berminggu-minggu memikirkan apa yang ingin dituliskan. Lirik-lirik tulisan yang lain kok semuanya tentang pengalaman sekolah yang dulu atau sekolah anaknya. Saya? Kayaknya nothing special dengan sekolah yang dulu, atau saya memang bukan anak yang special ya hihihi, jenis pelajar biasa-biasa saja, bahkan nyaris tenggelam.

Akhirnya daripada pusing belum dapat ide dan nyari bahan, balik lagi ke cerita Fatih. Cerita ini bermula dari pertanyaan seorang ibu saat kami, saya dan Fatih naik angkutan.

Mungkin mendengar saya dan Fatih bercakap-cakap, seorang ibu mengajak saya mengobrol.

“Umur berapa anaknya Mbak? tanya ibu memulai percakapan

“27 bulan bu” jawab saya sambil tersenyum

“Susunya apa? tanya si ibu.

Sampai di sini saya agak bingung juga mau jawab apa. Fatih sudah berhasil dan menyapih di usia 25 bulan 12 hari, artinya sekarang sudah tidak minum ASI lagi, sementara saya juga tidak mengharuskan dan melatih Fatih minum susu pertumbuhan. Hanya susu UHT coklat yang tersedia di kulkas untuk diminum saya, ayahnya dan Fatih kalau dia mau. Itupun tidak setiap hari tersedia.

Akhirnya saya memilih untuk mengatakan apa adanya saja.

“Dulunya sih minum ASI bu, tapi sekarang sudah disapih, sesekali paling minum susu UHT coklat kalau dia memang mau” jawab saya.

“O, makannya banyak mbak?”tanya si ibu lagi.

“Alhamdulillah, makannya lumayan, sesekali kadang ya ga mau makan nasi sehari 3x” jawab saya.

Ujungnya si Ibu cerita kalau cucunya maunya minum susu formula saja, makannya susah. Memang dari dulu sudah di kasih susu formula, karena ASI  anaknya tidak keluar, sekarang malah nagih susu formula trus, ga mau makan nasi. Kalau permintaan susu ditolak, si cucu mengamuk.

Saya sih cuma senyum aja, masak mau konsultasi di angkutan. Tambahan lagi si ibu sudah sampai di tempat tujuan.

Cerita soal susu apa, saya termasuk kaum minoritas soal tidak mengharuskan pemberian susu. Teman-teman kantor saya, biasanya setelah anak tidak minum ASI memberikan pengganti susu formula, ada juga yang memberikan ASI dan tambahan susu formula.

Beberapa teman sudah menyarankan untuk memberikan tambahan susu, mungkin melihat anak saya kurus, padahal makannya Fatih ya sudah cukup banyak. Memang ketika usia Fatih setahun, berat badannya seret banget. Timbangan dari bulan ke bulan naik turun, hingga akhirnya saya memutuskan dan berkonsultasi dengan dokter untuk cek ADB, hasilnya memang HBnya rendah dan harus terapi zat besi. Setelah HB normal barulah terapi dihentikan.

Fatih yang gendut cuma pipinya

Hasilnya berat badan Fatih sih naik, cuma ya masih terlihat kurus dibanding anak-anak teman kantor. Sampai saat ini sih saya masih anteng-anteng saja, tidak tergiur membiasakan dan memaksa Fatih minum susu atau memberi vitamin penambah nafsu makan atau minyak ikan.

Alasan saya sebenarnya simple, susu itu bukan yang utama, justru akan merusak selera makan bila terlalu banyak.  Vitamin yang paling baik ya dari sumbernya langsung, justru kalau diberikan tanpa konsultasi dengan dokter jangan-jangan malah over dosis.

Alasan yang utama ada sih, NGIRIT hihihi. Ya iyalah, ngapain juga kasih tambahan ini itu kalau memang tidak dibutuhkan. Kebanyakan susu malah bikin obesitas dan kecanduan. Yang ada malah bingung mengurangi kecanduan dan bikin program diet buat anak kalau saat beranjak besar. Saat masih kecil memang lucu kalau lihat anak gemuk, tapi kalau sudah besar kan wegahi.

15 komentar:

  1. Fatiiihhhh....pipinya gemesin bgt siihhh...sehat terus ya fatih ganteng ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tante, amin..amin. Cuma pipinya yang berhasil gemuk :)

      Hapus
  2. Susu emang bukan yg utama kok mak, itu cuma penambah gizi. Tp berhubung saya khawatir gizi anak saya gak maksimal tiap harinya, jd sebagai pelengkap ya saya kasih susu. Asal gak berlebihan gak apa mak 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak Arifah. Saya baca artikel boleh tapi tidak lebih dari 500ml. Saya juga menawari dan menyediakan susu UHT meski tidak tiap hari. Siapa tahu Fatih pengen minum susu.

      Hapus
  3. Waaaaah sama, Nai anak saya dulu juga pas udah nggak ASI lagi cuma minum UHT sekali2. Aiiiih... pipi Fatih gemesin yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak, lebih simple, tinggal tuang ke gelas hihihi..

      Hapus
  4. iya mak, sbenarnya apa2 yang dibutuhkan sudah ada di makanan. tentunya soal makanan ini yg perlu diperhatikan. jgn sampe yg dikonsumsi seadanya trus di katrol pake vitamin dan susu aja. .sehat slalu buat fatih *cubit pipi*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak, saya pengennya Fatih makannya gampang. Susu cuma buat penambah dan selingan saja. Makasih doanya..

      Hapus
  5. anak ASI pasti daya imunnya lebih tinggi Mbak... ketiga anakku minum ASI cuma sampai 8 bulan aja, sayang banget,...
    sehat terus dan tambah pinter yaa buat Fatih :

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih doanya Mak. Gpp, yang penting sekarang sehat Mak

      Hapus
  6. Kok Mak Rizqa tau istilah wegahi sih? Ahahaha. Aslinya mana toh? Soalnya temen2ku jarang yg tau istilah itu. Aku malah misfokus ke situ yah, hihi maap. Fatih ganteng yaaa, yuk main sama Marubik <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya anak seribu pulau Mak. Tiap ada bahasa jawa baru, ga tau asalnya dari kudus, semarang, solo atau yogya main serap aja hihihi..

      Hapus
  7. Susu memang bukan yang utama, namun saya berikan susu pada anak sebagai pendukung nutrisinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak, saya juga masih menyediakan susu kok, cuma tidak setiap hari.

      Hapus
  8. Yang penting anak tetap sehat ya, memberikan susu formula pun juga harus cermat memilih yang cocok dengan anak :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah mengunjungi blog ini. Saya senang menerima komentar yang baik dan membangun. Harap tidak meninggalkan link hidup.

Blog Design by Handdriati