Jumat, 05 Februari 2016

240 Ribu Melayang Karena Tak Mau Bertanya


Pertengahan bulan Nopember 2015, saya dikejutkan dengan kedatangan surat tagihan kartu kredit BNI,” Apa? Wah, sudah gak benar ini” sungut saya dengan penuh emosi.

“Kenapa Riz?” seru beberapa teman kantor.

Rupanya, saking kesalnya saya tak sadar sudah berteriak. Ya gimana tak kesal, saya mendapatkan tagihan annual fee lagi. Padahal saya baru saja membayar annual fee di bulan Juli 2015.
Kok bisa? Jadi ceritanya seperti ini.

Kartu Kredit Perdana

Akhirnya di bulan Juli, saya punya kartu kredit BNI. Sebelumnya tak terpikir dalam benak saya untuk memiliki kartu kredit. Namun saya akhirnya luluh dengan Mbak marketing yang menawarkan kartu kredit BNI. Tawaran gratis 2 tahun annual fee ditambah oleh sikapnya yang tak merendahkan prinsip saya, membuat saya membujuk suami untuk menyetujui kartu kredit BNI.

“Iya, gak apa-apa bu, kalau mau didiskusikan dulu dengan suami. Saya catat saja dulu, kalau suami tidak mengijinkan, saat pihak BNI mengkonfirmasi, ibu bisa mengcancel kok. Bilang saja suami tidak setuju” jelasnya.

Kartu Kredit Perdana
Tak sampai 1 bulan, kartu kredit pun mendarat di meja kantor saya. Jujur, saya tak tahu cara menggunakannya. Saat membaca petunjuk pun, saya masih bertanya kepada rekan kantor. Mulai mengaktivasi dan menandatangani bagian putih di belakang kartu.

Gara-gara Tak Mau Bertanya Nomor PIN


Suatu hari, saat saya berbelanja di sebuah supermarket., suami menyarankan menggunakan kartu kredit. Saya terpikir tentang nomor PIN,” Mbak, kalau pakai kartu kredit, ada nomor PINnya?”.

“Iya ada Bu. Nanti setelah digesekkan, Ibu mengetik nomor PINnya” jelas Mbak kasir.

Saya kemudian hanya meringis dan memilih menggunakan uang tunai. Kok? Soalnya saya lupa atau lebih tepatnya tidak tahu nomor PIN kartu kredit BNI. Jadi selama 1 tahun, kartu kredit menganggur, tak terpakai.  Padahal buat memperoleh kartu PIN cuma sms ke 3346 dan ketik RPIN <spasi> No Kartu Kredit <spasi> tanggal lahir lengkap.

Gara-gara Tak Mau Bertanya Ketentuan Annual Fee

Akibat setahun tak menggunakan kartu kredit, di bulan Juli saya dapat tagihan annual fee. Waktu itu saya pasrah dan bingung. Pasrah karena saya memang tidak pernah menggunakan kartu BNI selama 1 tahun, jadi di tahun kedua harus membayar tagihan. Biingung karena tidak tahu cara membayar tagihan..hahaha *katrok banget.

Jadi deh saya mendatangi customer service di kantor BNI terdekat. Setelah mendapatkan penjelasan cara membayar dan mendapatkan nomor PIN. Seminggu kemudian saya menggunakan kartu kredit untuk pembelian handphone *gak mau rugi.

Eh, kok di bulan Nopember saya mendapat tagihan annual fee lagi. Siangnya dengan agak emosi, melaju lah saya ke kantor BNI. Setelah menghubungi pihak BNI pusat, Mas bagian CS meminta saya menghubungi BNI Call 150046.

Rupanya, informasi promo annual fee selama 2 tahun yang saya peroleh kurang lengkap. Syarat dan ketentuannya, selama 2 tahun itu, saya minimal belanja 1x di tahun pertama dan 1x di tahun kedua. Pikir saya, kalau di tahun pertama belanja minimal 1x, maka tahun kedua gratis annual fee.

Di tahun kedua, saya memang diberi kebijakan tidak membayar annual fee dengan syarat dalam jangka waktu 2 minggu belanja minimal 100 ribu. Tapi 240 ribu sudah melayang di bulan Juli, padahal dana segitu kan bisa buat beli tas..hiks.

Mau Bertanya? #AskBNI

Sejujurnya saya memang bingung mau bertanya kepada siapa. Menghubungi Call BNI 150046 , memakan banyak waktu. Ya, karena gak langsung tersambung dengan operatornya. Lagian malu juga mau tanya nomor PIN atau cara membayar kartu kredit..hahaha. Tanya CS di kantor BNI, harus menempuh perjalanan yang tidak singkat dan antrinya sering panjang.


Eh, ternyata sekarang ada cara yang lebih simpel. Cukup memanfaatkan #AskBNI. Apa itu #AskBNI? #AskBNI adalah layanan dari BNI melalui Twitter yang memungkinkan nasabah, calon nasabah atau siapa pun juga yang membutuhkan informasi terkait produk dan layanan BNI.

Cara Memanfaatkan #AskBNI

Jelas yang paling utama harus punya akun twitter dulu, setelah itu follow @BNI46. Usai follow, kita akan segera menerima DM dari BNI tentang cara mendapatkan informasi produk, layanan dan promo BNI. Caranya gampang, segera daftarkan diri dengan kirim DM @BNI46 dengan format #daftar #namalengkap #nohandphone. O,ya jangan lupa nama awal dan akhir dipisah menggunakan underscore dan gunakan 62 sebagai pengganti 0.


Setelah mendaftar, tak menunggu lama DM dari BNI berupa pemberitahuan kita telah terdaftar pun masuk. Kalau ingin tahu keyword #AskBNI silakan DM kembali dengan format #HelpBNI. Nantinya kita akan segera mendapatkan keyword yang tersedia. Keyword ini untuk memudahkan follower BNI mendapatkan informasi dengan cepat. Jadi kalau hastagnya salah seperti pengalaman saya, otomatis mesin menjawab keyword saya tidak terdaftar.


Ternyata, keyword #PINKartuKredit ada..hiks. Coba layanan ini diluncurkan 2 tahun lalu, pastinya saya gak bakal kehilangan 240ribu *malah menyalahkan layanan.

Duh, semoga dengan #AskBNI, saya gak sesat di jalan lagi deh. Gak perlu juga lari ke hutan atau ke gunung ke kantor BNI atau menghubungi Call BNI, kecuali memang perlu banget. Cukup bolak-balik #AskBNI, lagian mesinnya gak bakal bosan dan capek balas DM dan saya pun tak perlu malu..hihihi.

16 komentar:

  1. mantap artikelnya gan, sukses ya
    ditunggu jejaknya disini gan http://feridi.blog.upi.edu/2015/12/29/malu-bertanya-sesat-di-jalan-mau-bertanya-hanya-di-askbni-yang-menjawab/

    BalasHapus
  2. infonya sangat bermanfaat
    kunjungi juga ya dan jng lupa coment disini http://handini.blog.upi.edu/2016/01/01/mau-bertanya-jangan-malu-malu-askbni-akan-menjawab/

    BalasHapus
  3. Artikelnya keren....
    jangan lupa kunjung balik http://goo.gl/a35BTa

    BalasHapus
  4. Oalahhh gitu to ceritanya. ENak kong belanja pakai kartu kredit ntar ada poin2nya. Cek aja #promo BNI credit card apaan aja. Kalo takut ngutang begtu dipake belanja, langsung dibaarkan ke cc meski belum ada taguhan, ntar kan jadi deposit.

    BalasHapus
  5. betul sekali, klo gak nanya malah rugi besar ya mbak. syukurlah ada #askBNI sekarang, mudah sekali bertanya gak perlu malu dan gengsi, DM aja.

    BalasHapus
  6. Tuuh kan, ternyata banyak yang punya pengalaman sama karena nggak mau bertanya..hehe

    BalasHapus
  7. iyak, bs buat beli tas mah duit segitu mbak,
    etapi skrg untung deh yah, ada askbni,

    BalasHapus
  8. bertanya memang banyak manfaatnya yah Mbak :)

    BalasHapus
  9. Untung ada #askbni ,wah kayanya perlu juga bkn kartu kredit

    BalasHapus
  10. aku belom punya rekening BNI nihhh

    BalasHapus
  11. Seperti kata pepatah malu bertanya sesat dijalan mbak, he.....salam kenal ya

    BalasHapus
  12. Enak ya sekarang ga perlu malu2 lg kalo bingung tinggal ask BNI

    BalasHapus
  13. Saya belum pernah buat kartu kredit mbak Rizka takut aja, karena sudah ada 2 orang tetangga yang bermasalah dengan kartu kredit. Dan lagi takut kalau jadi boros. Ternyata tidak ya?

    Pengalaman yang berharga ya mbak, untung ada ask BNI :)

    BalasHapus
  14. sekarang transaksi bisa dimana saja ya mbak asyik ada ask bni

    BalasHapus
  15. sekarang mau tanya-tanya gak perlu ribet

    BalasHapus
  16. jika tidak mempunyai pekerjaan tetap jangan coba2 menggunakan kartu keredit karna sangat mesusahkan pikiran dan tenaga anda

    BalasHapus

Terima kasih sudah mengunjungi blog ini. Saya senang menerima komentar yang baik dan membangun. Harap tidak meninggalkan link hidup.

Blog Design by Handdriati