Jumat, 23 Desember 2016

TIPS MENYETRIKA YANG BAIK DAN BENAR


[Placement Article]

Pekerjaan yang paling saya hindari adalah menyetrika. Eh, tapi bukan berarti saya gak pernah menyetrika. Jaman mahasiswa mau gak mau kan setrika pakaian. Iya, menyetrika pakaian saat pakaian yang licin di lemari habis…huahaha.

Ya, saya gak mau tampak kusut lah. Masak muka dah kinclong, tapi pakaian dan jilbab kusut. Memiliki penampilan yang rapih tentu merupakan dambaan semua orang, makanya menyetrika pakaian tidak bisa dilakukan asal-asalan. Menyetrika pakaian secara tidak tepat atau sembarangan justru akan membuat pakaian terlihat lebih berantakan. Nah, untuk menghindari kerusakan pakaian, beberapa hal perlu diperhatikan agar pakaian tidak berakhir rusak atau bolong nantinya.

Bagi sebagian orang, menyetrika itu terlihat sepele, namun sebenarnya untuk melipat serta menyetrika pakaian diperlukan ketelitian. Tidak semua pakaian mendapat perlakuan sama saat disetrika,  setiap jenis pakaian juga memiliki cara melipat yang berbeda. Nah, berikut ini beberapa tips cara menyetrika yang benar supaya pakaian terlihat lebih rapih dan tidak kusut.

Hindari Menyetrika Underware

Teman SMA saya biasanya menyetrika bra dan celana dalam. Alasannya biar kumannya mati disetrika..hahaha. Padahal menyetrika underware bisa merusak, terutama bra, panas yang terdapat pada setrikaan akan mengurangi elastisitas dari cup bra serta merusak bentuknya. Selain itu jangan melipat bra menjadi dua bagian, ini akan membuat bentuk cup bra menjadi berubah serta menggeser busa yang terdapat di cup bra.

Pakai Cairan Pelicin

Beberapa bahan pakaian ada yang sukar licin saat disetrika. Biasanya, sebelum memulai untuk menyetrika, kain saya semprotkan terlebih dahulu cairan pelicin untuk menyetrika. Kemudian untuk kemeja, mulailah dari bagian ujung tangan hingga bagian lengan kemeja, setelah itu setrika kemeja dari bagian depan kearah dalam. Selain pakaian jadi rapih dan licin, cairan pelican membuat aroma harum pada kain.

Dahulukan Bagian Lengan untuk Kemeja

Sedangkan untuk kemeja lengan panjang, dahulukan bagian lengan yang disetrika, kemudian dilanjutkan kebagian belakang kemeja. Saat akan melipat, pertama-tama lipat dahulu bagian lengannya baru kemudian lipat bagian bajunya secara horizontal dan rapihkan.

Dahulukan Bagian Belakang untuk Kaos

Kemudian saat hendak menyetrika kaos, mulailah menyetrika dari bagian belakang  ini akan memudahkan untuk menyetrika dengan mudah terutama untuk kaos yang memiliki gambar serta sablon di depannya. Setelah itu lipat kedua bagian kanan dan kirinya setrika sedikit kemudian rapihkan.

Perhatikan Lipatan Celana

Saat hendak menyetrika celana, lipat celana menjadi dua di bagian lubang kakinya. Satukan dengan bagian yang tedapat jahitan, setelah itu setrika dan lipat celana menjadi tiga bagian.

Gunakan Setrika Uap

Jika teman-teman mempunyai banyak sweater atau jaket dengan bahan wol, sebaiknya hindari menyetrika dengan menggunakan setrika biasa. Gunakan setrika jenis uap atau jika tidak ada gunakan setrika biasa dengan suhu rendah. Kemudian lipat dengan rapih. Kalau mau beli setrika uap atau steamer tanpa harus ke toko, bisa mencari di sini https://www.mataharimall.com/p-678/setrika-steamer.

Mudah bukan? Tapi kok situ malas setrika? Iya karena saya suka pekerjaan yang dekat dengan air, seperti mencuci atau ngepel. Selain itu, karena ada suami saya yang rela nyetrika..hahaha. Mudah-mudahan dengan tips ini, membantu teman-teman menyetrika dengan baik dan benar. Jadi, tak perlu khawatir pakaian akan rusak atau kusut lagi. Selamat mencoba tips diatas ya.

11 komentar:

  1. Memang banyak yg nggak suka seterika ya. Mbakku juga lho Mbak. Untungnya aku asik aja seterika, dan super cepet hehehe

    BalasHapus
  2. Atuhlaaah, meyetrika itu suka berasa beban hidup gitu deh buatku hahaha *lebay*

    Biasanya cuma suka dilipet2 aja dan baru disetrika kalo mau pergi dan dipake bhahahha.

    Tapi pengen juga sih kepo-in setrika uap unyu dari matahari mall ini, kali aja memotivasi aku buat nyetrika :)

    BalasHapus
  3. pengen juga punya setrika uap :) hehehe selama ini tugas setrika diserahkan ke ART

    BalasHapus
  4. kalo mamaku dulu kalo kemeja selalu kerah duluan :D

    salam
    nia

    BalasHapus
  5. Eh Mbak, aku malah ingat budos ku dulu juga nyarain kalau daleman itu disetrika biar kumannya pada mati. Sama plek. Hahaha. Tapi aku nggak pernah sih. Bisa nyetrika baju kerja aja alhamdulillah banget.

    BalasHapus
  6. gak suka nyetrika, meskipun bisa, aku biasanya kerah dulu, kalo kaos bru lengan dulu, nah yang sebel itu nyetrika celana kain suami, hrus ekstra rapi

    BalasHapus
  7. Toss Mba! Aku emak2 pro gerakan anti nyetrika *eh
    Yg aku setrika cuma baju kerja suami sama yg buat keluar2
    Daster aja hampir ga pernah disetrika, apalagi dalaman. Kupikir kalau dijemur langsung di matahari pasti kuman sdh mati. Hehe

    BalasHapus
  8. Thanks mba Tips menyetrika yang baik :-D

    BalasHapus
  9. Mamaku salah satu perempuan yang kalo nyetrika tuh liciiiiin banget <3

    Salam,
    Oca

    BalasHapus
  10. Numpang Promo Ya Admin! Mau Modal kecil Bisa Diputarkan menjadi Ratusan juta Dan Dapat uang masukan Tanpa Usaha Apapun Kunjungi situs yang sudah saya kunjungi yaAduQ Online terpercaya, Thanks bruhh.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mengunjungi blog ini. Saya senang menerima komentar yang baik dan membangun. Harap tidak meninggalkan link hidup.

Blog Design by Handdriati