Rabu, 27 September 2017

APLIKASI MUDAH BUAT NGEBLOG

Yey, akhirnya pembekuan arisan blogger sudah dicairkan, bisa ngeblog lagi. *gayamu, terus dikeplak sak group.

Gegara beberapa oknum semacam saya, arisan blogger terpaksa dibekukan hingga anggota arisan melunasi utangnya. Usai pembekuan, gak ingin dibully orang se Jawa Tengah, saya buru-buru ngedraft *baca gak mau telat lagi.

Dan temanya, cukup membuat kepala saya nyut-nyutan. Bukan karena sulitnya, tetapi karena remehnya tulisan yang bakalan saya posting. Mbak Rahma dan Mbak Nyi Penengah Dewanti memilih tema Aplikasi yang Mendukung Dunia Perbloggingan.

Njuk, saya yang agak gaptek ini langsung mengkeret. Lah mesti aplikasi saya kuno. Blogger lain sudah bisa buat infografis dan foto kece, saya baru bisa mengagumi *istighfar.

Tapi tak mengapa, tulisan yang saya buat ini targetnya adalah newbi blogger. Mudah, praktis sehingga tak membuat hasrat ngeblog menguap seperti hasrat saya yang masih kembang kempis.

KAMUS ONLINE

Kamus? Iya, hingga saat ini setiap menulis artikel saya masih suka membuka kamus. Kayak penulis yang baru ajaran. Saya butuh untuk meyakinkan, bahwa kata yang saya gunakan masih masuk kamus Indonesia.

Adakalanya saya butuh untuk mengetahui pengertian suatu kata, sehingga saya tidak salah memilih kata. Atau saya mencari kata lainnya, untuk menambah perbendaharaan kata. Apalagi kalau tulisan saya mau buat job review atau dikirim ke sebuah media.

SCREENSHOOT

Hah? Apalagi ini? Saya sering lihat postingan artikel yang bagus, tapi belum sempat membaca atau lupa link urlnya. Nah, biar mudah, saya screenshoot saja. Termasuk resep makanan, model baju dan desain interior. Jadul banget ya.

Saat membutuhkan untuk membaca atau membuka artikel tersebut, saya tinggal buka hape dan cari artikel tersebut via internet.

Biasanya screenshoot yang mendukung dunia perbloggingan ya tentang aplikasi. Misal, alamat web untuk mengunduh foto secara gratis atau aplikasi untuk membuat banner blog atau judul artikel blog.

PIXABAY DAN SITUS PENYEDIA FOTO GRATIS

Tidak setiap ngeblog, saya selalu punya persediaan foto. Waktu yang mepet atau kesibukan membuat saya tak sempat mengambil foto yang mendukung artikel yang akan diposting.

Situs-situs penyedia foto gratis jelas sangat membantu. Blogger kan tetap harus punya etika dalam menggunakan foto atau karya orang lain. Situs penyedia foto gratis ini membuat kita bebas menggunakan fotonya tanpa perlu meminta ijin. Feel free.

CANVA

Saat membuat tulisan, saya kerap membuat judul blog dengan mengedit foto dan menambahi tulisan judul blog. Canva juga saya gunakan saat ingin mengambil menyatukan beberapa foto dalam satu frame. Kenapa pakai Canva? Karena sudah terbiasa saja. Saya tipe ordinary people yang setia, padahal mah blogger malesan..hihihi.

Kok gak pakai edit foto di aplikasi hape? Terkadang saya pakai, tapi saya lebih nyaman pakai layar lebar dan tombol keybord yang besar.

FACEBOOK, TWITTER & IG

Aplikasi media sosial tidak pernah bisa dilepaskan dari dunia blogging. Fungsi media sosial luas bagi seorang blogger. Media sosial sarana buat seorang blogger memperkenalkan dan membranding dirinya. Pengunjung atau pembaca blog juga kerap diperoleh dari teman atau pengikut media sosial seorang blogger. Yah, tidak semua blogger paham SEO sehingga bisa menduduki peringkat teratas di pencarian google.

Melalui aplikasi ini, kita bisa bergabung dengan komunitas dan memperoleh banyak informasi dan ilmu yang disebar lewat media sosial.

WHATSAAP

Coba lihat, di hapemu lebih banyak notifikasi WA, panggilan telpon atau notifikasi sms masuk?. WA kan? Asiknya WA, kita bisa bentuk sebuah group dengan kecepatan informasi yang lebih cepat, tentunya kuotamu masih ada.

Group gabungan Gandjel Rel dan IIDN Semarang sangat membantu dalam dunia blog. Setiap anggota berbagi informasi soal blog, info lomba atau info job. Saat ada kesulitan berkaitan blog pun, kita feel free untuk meminta pertolongan atau berbagi ilmu.

So, buat kamu blogger pemula, aplikasi di atas sangat membantu pekerjaanmu sebagai blogger. Jangan buru-buru untuk ingin mempelajari atau menggunakan hal-hal yang besar dan rumit. Selankah demi selangkah namun pasti. Ada yang mau berbagi aplikasi dan cara menggunakannya? Boleh donk share di mari..

APLIKASI MUDAH BUAT NGEBLOG

2 komentar:

  1. Wkwkkw. Siapa bilangbaplikasinya remeh mba. Ini mah bergizi banget. Aku lom pernah coba pake kamus onlen dan canva loh. Gara2 artikelnya nih. Ak jd tertarik mo ikutan coba. Makasih yaa

    BalasHapus
  2. Numpang Promo Ya Admin! Mau Modal kecil Bisa Diputarkan menjadi Ratusan juta Dan Dapat uang masukan Tanpa Usaha Apapun Kunjungi situs yang sudah saya kunjungi yaAduQ Online terpercaya, Thanks bruhh.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mengunjungi blog ini. Saya senang menerima komentar yang baik dan membangun. Harap tidak meninggalkan link hidup.

Blog Design by Handdriati