Senin, 02 Oktober 2017

5 Trik Rahasia Merawat Air Conditioner Agar Tahan Lama



Penggunaan AC sudah tidak lagi asing, mengingat hampir seluruh gedung, apartemen, hingga komplek perumahan semua telah dipasang AC. Penggunaan AC yang terus menerus setiap hari, tentu membutuhkan perawatan itensif agar AC bekerja secara optimal. Perawatan AC rumah sebenarnya dapat dikatakan gampang - gampang susah. Terlebih jika kita tidak tahu, cara melakukan perawatan AC yang benar. Nah berikut 5 trik rahasia merawat AC agar tahan lama : 
1. Pertimbangkan Luas Ruangan 
Mempertimbangkan luas ruangan sebelum membeli AC sangat penting. Pasalnya, besar ruangan akan mempengaruhi kinerja dari AC itu sendiri. Pengatur suhu ruangan ini akan terus bekerja hingga mencapai suhu yang telah di set. Apabila ruangan yang kita punyai cukup besar, maka pilihlah AC dengan PK antara 1 atau 2 PK. Tetapi apabila ruangan kecil, maka gunakan AC dengan PK standart yaitu 1/2 PK. 
2. Belum Tentu Semakin Dingin Semakin Bagus
Semakin dingin ruangan tidak berarti semakin bagus. Karena bagaimanapun AC adalah pengatur suhu ruangan bukan pendingin ruangan. Hal ini perlu diingat. Pasalnya AC akan terus bekerja hingga suhu sesuai dengan indikator yang di set. Idealnya suhu yang diset adalah antara 19 hingga 22. Mengatur suhu dibawah 22 akan memaksa AC bekerja lebih keras. Dampaknya adalah tagihan listrik akan membengkak dan memperpendek usia AC. 
3. Jangan Remehkan Debu
Debu selalu menjadi masalah dalam perawatan AC. Debu yagn dibiarkan begitu saja, dapat berdampak pada penutupan lubang filter AC yang menyebabkan AC panas dan tidak dingin. Namun tak hanya itu saja, debu yang dibiarkan dapat mencemari udara yang kita hirup. Sehingga sangat disarankan mencuci AC minimal 3 bulan sekali agar AC bersih dan terhindar dari debu maupun kotoran. Hal ini merupakan cara perawatan AC rumah yang paling sederhana yang dapat kita lakukan. 
4. Cek Apakah Ruangan Sudah Tertutup Rapat
Salah satu cara perawatan AC rumah yang paling sederhana adalah memastikan bahwa ruangan benar - benar tertutup agar proses pendinginan AC dapat berlangsung lebih singkat. Bila ruangan tertutup rapat, maka angin dingin tidak akan keluar dari ruangan dan udara di dalam ruangan menjadi lebih cepat dingin. Tak hanya itu, biaya listrik yang kita keluarkan pun dapat lebih hemat. 
5. Tempat Yang Tepat Untuk Bagian Outdoor
Salah satu bagian penting agar AC bekerja dengan baik adalah bagian outdoor. Seringkali bagian outdoor ditempatkan pada tempat yang terkena terik matahari langsung, kerap terkena debu dan curahan air hujan. Kondisi yang terus menerus tentu akan membuat bagian outdoor cepat rusak. Maka, pilihlah tempat yang tepat, yang minim terkena matahari secara langsung, debu dan aman dari air hujan.

5 komentar:

  1. makasih tipsnya.. di ruanganku pakai ac tapi suami tetep ngrokok dan dibuka ruangannya.. sebulan sekali servis hahahah

    BalasHapus
  2. makasih tipsnya Mbaa, kebetulan banget belum lama ini baru beli ac untuk di rumah :)

    BalasHapus
  3. Makasih mba tipsnya :) sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  4. Aku naruh yang bagian outdoornya di teras ketutupan atap teras, iya mungkin rumahku terlalu luas sedangkan ac nya cuma satu 3/4 pk

    BalasHapus
  5. Wah. Ilmu nih. Aku beli ya beli aja. Gak mertimbangin apa2. Hihihi... besok kl beli lagi harus ikut pertimbangin 4 hal diatas ah. Tfs y mba

    BalasHapus

Terima kasih sudah mengunjungi blog ini. Saya senang menerima komentar yang baik dan membangun. Harap tidak meninggalkan link hidup.

Blog Design by Handdriati