Senin, 27 Oktober 2014

KOMUNITAS ADALAH KENISCAYAAN

Buka KEB (Komunitas Emak-Emak Blogger) dan WB (Warung Blogger), baru ngerti kalau hari ini, 27 Oktober adalah Hari Blogger Nasional. Sebagai blogger yang baru aktif kurang dari setahun, harap maklum lah kalau pengetahuan tentang dunia blogger sangat minim.

Kilas balik beberapa tahun yang lalu, sebenarnya saya sudah pernah bikin blog dari tahun 2006 atau 2007, cuma ya itu, sekedar bikin blog ga pernah di up date. Saya bikin blog sampai 2 lho, pertama bikin ga diisi apapun, hingga akhirnya lupa nama blog dan password. Terus bikin lagi, dengan dua foto dan satu artikel, dan akhirnya nasibnya sama dengan yang pertama, saking lamanya ga di isi lupa juga hehehe.

Ayahnya Fatih berharap saya mendokumentasikan materi dan aktivitas siaran radio atau ketika jadi narasumber di blog. Tapi harapan itu urung saya laksanakan. Geretan, akhirnya Ayah membuatkan blog di akhir tahun 2011. Satu artikel, ayah masukkan di blog, itupun copy paste dari artikel di kompas. Empat bulan kemudian baru saya bikin satu artikel tentang siaran radio. Setelah itu, vakum lagi hampir 2 tahunan.

Urusan Fatih menyita waktu dan energi saya, meski di lubuk terdalam cuma sekedar alasan hehehe. Tetiba, saya menetapkan resolusi di tahun 2014 untuk rajin bikin tulisan di blog. Saya pikir, kalau tidak dimulai sekarang kapan lagi. Masak saya masih terus menggunakan alasan, belum cukup pengetahuan tentang menulis, bingung ide dan sebagainya.

Semangat saya juga karena dorongan adik-adik yang duluan aktif ngeblog. Baca-baca tulisan mereka, membuka pikiran saya bahwa menulis tidak harus dimulai dari hal terberat, mulai yang ringan dulu. Apapun bisa menjadi bahan tulisan dan dibagi dengan orang lain. Masalah berbobot tidaknya tulisan, akan semakin terasah dengan rajinnya kita belajar menulis.

Satu lagi pelajaran yang saya ambil dari adik saya, bahwa komunitas itu penting. Awal ngeblog, saya cuma mikir yang penting menulis. Adik ketiga mendorong untuk gabung di komunitas, blogwalking dan menjalin networking.  Awalnya maju mundur, akhirnya adik yang memasukkan nama saya di IIDN dan KEB dan memberi tahu syarat menjadi anggotanya. Setelah beberapa minggu, baru saya mencoba memenuhi persyaratan sebagai anggota.

Awalnya hanya sebatas silent reader. Usai membuat tulisan, posting di komunitas. Itupun mempelajari dulu, bagaimana anggota lain posting tulisan. Blogwalking juga jarang, ikut GA atau lomba baru berani 5 bulan setelahnya. Bukan apa-apa, selain ga PD. Juga gaptek. Mulai dari tidak tahu cara pasang banner, tulisan di hyperlink, hingga belum punya twitter..hehehe..pokoknya ndesit banget dah.

Lama kelamaan saya sadar, blogwalking itu perlu, selain menambah teman, sangat menambah ilmu. Membuka mata saya lebih lebar, meski penampilan mata tetap sipit..hehehe. Saya tambah ilmu, mulai dari teknik menulis, profesi yang menjanjikan sebagai blogger, ilmu parenting, memasak dan homeschooling yang mulai merasuki pikiran. Manfaat nyata dari ngeblog dan menjalin komunitas, saya dapat hadiah GA dan pulsa listrik 300 ribu yang entah kapan akan sampai ke tangan saya hehehe..

Akhir kata, I love ngeblog dan selamat Hari Blogger Nasional. Mari ngeblog dan berbagi dengan orang lain.

Hadiahnya GA Indahnya Silaturahmi

4 komentar:

  1. Antri baca novelnya hihihihi

    BalasHapus
  2. Same experience, Mak :D Punya beberapa blog tapi nggak kepelihara hingga akhirnya lupa email dan password :D

    http://thehappymimi.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya bikin blog, karena lupa bikin lagi, lupa lagi bikin lagi baru deh sadar dipelihara..hehehe..Makasih Mak kunjungannya.

      Hapus

Terima kasih sudah mengunjungi blog ini. Saya senang menerima komentar yang baik dan membangun. Harap tidak meninggalkan link hidup.

Blog Design by Handdriati