Selasa, 17 Februari 2015

IMPIAN YANG SMART

Majalah Edisi 07 (Edar 14 - 20 Februari 2015) Femina
Pengen banget tulisan nampang di sini
Tujuan utama saya ngeblog adalah untuk belajar menulis. Keinginan belajar menulis sudah muncul sejak akhir masa kuliah S1. Suatu ketika saya diminta untuk mengikuti sebuah pelatihan keorganisasian. Salah satu syarat untuk mengikuti pelatihan adalah membuat tulisan bertema keorganisasian *saya sudah lupa pelatihan apa dan tulisannya seperti apa. Karena tidak ada satu pun teman orgnisasi yang bersedia ikut, akhirnya saya ketiban sampur, dipaksa ikut. Hadeh, dalam waktu 3 hari membuat tulisan yang bertema berat, hasilnya acak-acakan dan banyak tulisan yang copy paste dengan buku yang menjadi sumber referensi.

Ketika pelatihan, tulisan yang dibuat peserta kemudian dikomentari oleh penyelenggara. Salah satu komentarnya adalah ada tulisan yang kurang berbobot, dan copy paste dengan buku referensi. Langsung saya merasa komentar itu menyindir tulisan saya.  Pengalaman itu membuat saya ingin belajar menulis.

Keinginan belajar menulis agar mampu membuat tulisan yang berkualitas selama beberapa tahun hanya sekedar menjadi mimpi. Saya sebut mimpi karena belum ada aksi untuk mewujudkannya. Setelah diterima bekerja, keinginan atau impian itu kembali mengusik. Saya mencoba membuat 2 tulisan dan nekat mengirimkan tulisan ke sebuah majalah wanita. Hasilnya? Tak ada kabar hingga kini..hehehe

Tahun 2011, suami membuatkan blog untuk saya isi sesuai dengan tema siaran radio yang saya jalani. Sayangnya, niat saya belum kuat, menganggurlah blog selama 2 tahun lebih. Barulah di awal tahun 2014, blog saya bersihkan dari sarang laba-laba akibat tak pernah saya kunjungi. Seiring waktu, saya semakin aktif mengisi blog, artinya semakin banyak tulisan yang saya buat.

Melihat adik yang sudah lebih dahulu ngeblog dan beberapa tulisanya dimuat di media cetak, impian tulisan dimuat di media cetak kembali menguat. Ya, impian yang ingin diwujudkan di tahun ini adalah tembusnya tulisan di media cetak.  Sederhana ya? Saya memang telah belajar untuk membuat impian yang sederhana namun SMART.

Apa itu SMART? SMART singkatan dari Spesific, Measuareable, Achieveable, Realistic and Timely.

Impian tulisan dimuat di media cetak menurut saya cukup spesifik dan jelas. Impian dapat diukur (measuareable) dengan dimuatnya tulisan di media cetak. Saya juga dapat membayangkan bahwa impian itu dapat dicapai (achieveable) dengan 2 langkah yaitu latihan menulis dan belajar dari tulisan teman-teman yang sudah dimuat. Latihan menulis dilakukan dengan menulis di blog minimal seminggu sekali dan tetap membuat tulisan yang dikirimkan ke beberapa media cetak yang hingga hari ini belum ada kabarnya..hiks. Saya juga sering mencermati tulisan teman-teman blogger yang dimuat di media cetak. Ingin juga sih ikut pelatihan atau workshop menulis, sayangnya kesempatan itu belum ada.

Impian ini juga realistis karena saya membuat tulisan sesuai dengan tema yang saya kuasai. Tulisan yang saya buat seputar psikologi, dunia wanita dan parenting. Target waktu yang ditetapkan adalah di tahun ini. Saya berharap dengan langkah-langkah SMART yang sudah dilakukan, impian dimuatnya tulisan di media cetak dapat diwujudkan. Amiiin.

14 komentar:

  1. huahhhh.. tulisanmu udah bagus kok mak, dibanding saya yang acakadut sekeluarnya dan sepencet2 keyboardnya. blom sesuai EYD kalo saya mah hihihihi. Dulu pernah berusaha nulis yang bagus dan tertata, eh ujungnya malah jadi males nulis dan ngeblog. sekarang akhirnya yah begini. pingin juga ah kalau ada workshop menulis, etapi kahfinya dititip kemana yah xixixi *nglantur..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Problemnya sama Mak. Saya tiap buat tulisan entar ditengah jalan pasti berubah lagi. Membuat tulisan gak selesai2 :D

      Hapus
  2. Mimpi kita sama ya kong, sepertinya mimpi kedua sodara kita pun demikian, ya buah jatuh biasanya ngga saling berjauhan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu mimpi tahun ini Mi. Tahun besok mungkin beda lagi...hihihi..

      Hapus
  3. Padahal tulisannya bagus lho mak. Semoga sukses ya mak :)

    BalasHapus
  4. Daku daku, ngirim ke medcet, dpt konfimasi nunggu 6 bln,ituoun blm psti loh maj, dimuat atw ndak,
    Ya begitulah, namanya jg usaha.
    Semangat mak. Tulisan mak udh sip markosip koq mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daku kok tidak pernah dikonfirmasi seperti itu ya?Apa harus nanya? Wes, calon penulis amatir nih :)

      Hapus
  5. Ah, idem kalau soal inimah. Apalgi saya yang mudian..tergantung suasana hati hehehe

    BalasHapus
  6. Impiannya SMART banget mak ;) semoga lekas tembus media ya

    BalasHapus
  7. bagus mak punya mimpi yang ingin tembus media, saya malah belum berani buat nulis kaya gitu, padahal kalo punya keinginan pasti bisa kan ya. semoga terwujud ya mak. terimakasih atas partisiasinya

    BalasHapus
  8. semoga cepat tercapai ya maak, yakin bisaa..kompak banget yaa sodaraan hihihi...

    BalasHapus
  9. semoga bisa terwujud ya mak mimpinya :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah mengunjungi blog ini. Saya senang menerima komentar yang baik dan membangun. Harap tidak meninggalkan link hidup.

Blog Design by Handdriati