Kamis, 02 Februari 2017

Mengenal Karpet Lantai Vinyl Anti Bakteri



[Placement Article]

“Mi, lantai kamarmu gak dipasang ubin?” tanya saya pada adik di Semarang saat melihat ruangan kamarnya yang hanya di semen.

“Khusus kamarku rencana mau kupasang vinyl” jelasnya saat saya berkunjung ke rumahnya yang usai di renovasi.

Apa sih lantai vinyl itu?

Lantai Vinyl merupakan salah satu jenis pelapis lantai yang terbuat dari bahan dasar PVC. Penggunaan lantai rumah sakit harus memiliki spesifikasi khusus yaitu mengandung formaldehida yag sudah terstandarisasi internasional. Sehingga salah satu jenis lantai vinyl yang wajib diaplikasikan pada dunia kesehatan khususnya rumah sakit adalah lantai vinyl anti bakteri. Adapun alasan mengapa lantai vinyl anti bakteri ini wajib dipasang pada setiap rumah sakit khususnya ruang operasi diantaranya :

1. Bebas Bakteri

Lantai vinyl anti bakteri tergolong dalam lantai vinyl khusus, dimana lapisan atasnya dilapisi dengan anti bakteri dan anti kimia. Hal ini berfungsi untuk menjaga ruangan operasi tetap dalam kondisi steril dan bebas bakteri. Bagaimanapun ruangan operasi harus aman dan steril dari berbagai macam bakteri yang dapat mengganggu organ dalam saat operasi. 


2. Harga Ekonomis

Umumnya lantai vinyl dibagi menjadi dua yaitu heterogeneous dan homogeneous. Vinyl hetrogeneous umumnya memiliki harga jual lantai vinyl yang ekonomis bila dibandingkan dengan homogeneous. Vinyl hetrogeneous memiliki lapisan anti bakteri hanya pada bagian permukaannya saja namun pada bagian bawah vinyl ini menggunakan bahan campuran karet dan PVC. Vinyl hetrogeneous cenderung susah dibersihkan dari noda darah karena sifatnya yang dapat menyerap noda.


Sedangkan vinyl homogeneous memiliki struktur lebih kuat dibandingkan tipe heterogeneous. Vinyl homogenous memiliki lapisan anti bakteri yang utuh mulai dari permukaan sampai dengan bagian dasar vinyl. Sehingga jika lapisan atas lantai vinyl terkelupas atau rusak, vinyl masih terlindung dari bakteri dan kimia. Lantai vinyl ini juga tahan terhadap noda sehingga mudah dibersihkan. Dengan berbagai alasan tersebut tentu harga jual lantai vinyl homogeneous lebih mahal dibandingkan heterogeneous.
Namun dalam segi harga perawatan, antara lantai vinyl dengan lantai ubin tentu lebih murah dan tahan lama lantai vinyl.

3. Pemasangan Mudah

Selain harga jual lantai vinyl yang murah dibandingkan ubin. Pemasangannya pun mudah. Tidak perlu mennggunakan semen layaknya memasang ubin. Cukup lepas bagian bawahnya dan tempel pada lantai. Usahakan untuk menutup celah - celah potongan dengan karet khusus agar tidak ada celah debu yang terselip ke dalam celah lantai.

Jadi ada yang berminat pasang lantai vinyl seperti adik saya?

2 komentar:

  1. Kalau di tempat yg super lembab tetap aman nggak ya? berjamurkah?

    BalasHapus
  2. Mauuuuu, paling suka banyakin karpet di rumah, enak buat santai apalagi ini kayaknya good quality

    Salam,
    Gianta

    BalasHapus

Terima kasih sudah mengunjungi blog ini. Saya senang menerima komentar yang baik dan membangun. Harap tidak meninggalkan link hidup.

Blog Design by Handdriati