Jumat, 20 April 2018

Mengenal Sistem Pembayaran Listrik Prabayar

 
[Placement Artikel]
Mungkin ada yang sudah mengenal istilah pulsa prabayar dan pascabayar pada kartu SIM ponsel yang kita miliki, namun bagaimana dengan istilah ‘pulsa’ prabayar pada listrik rumah kita?

Sejak beberapa tahun terakhir perusahaan listrik negara satu-satunya di Indonesia alias PLN sudah mulai berbenah. Banyak yang diperbaiki oleh perusahaan ini, termasuk cara pembayaran listriknya. Bagi yang tinggal di perumahan di kota-kota besar mungkin sudah terjamah oleh perubahan ini. Yak benar! Perubahan ini adalah sistem pembayaran prabayar alias menggunakan pulsa alias token (istilah yang lazim digunakan).

Sebagaimana pulsa ponsel yang kita miliki, dengan sistem token ini, kita harus membayar pulsa listrik di awal untuk menikmati layanan listrik yang diberikan. Salah satu hal penting yang perlu kita ingat terkait penggunaan sistem ini adalah kecermatan kita dalam mengisi pulsa listrik. Salah-salah kita bisa kelupaan mengisi token listrik, dan hasilnya adalah rumah menjadi gelap gulita di malam hari. Tapi disisi lain menurut pendapat kami pribadi, sistem yang ada ini membuat biaya yang perlu dikeluarkan per bulannya untuk listrik menjadi jauh lebih terkendali alias menghemat anggaran rumah tangga.

Kira-kira mirip bukan dengan teman-teman yang menggunakan pulsa prabayar pada ponsel?

Saat ini PLN sudah menyediakan beberapa nominal token yang bisa kita pilih untuk dibeli. Beberapa nominal tersebut adalah Rp 20.000,- Rp 50.000,- Rp 100.000,- Rp 500.000,- hingga Rp 1.000.000,-. Banyak bukan pilihan yang ditawarkan oleh PLN? Yah kami yakin 100% hal itu semata-mata adalah untuk kemudahan kita sebagai pelanggan, baik individu, pengusaha kecil, hingga pelanggan skala besar.

Nah pertanyaan berikutnya adalah dimana kita bisa membeli token untuk mengisi pulsa listrik rumah? Caranya amatlah mudah. Cara pertama yakni merupakan cara yang paling umum dilakukan adalah pembelian pulsa melalui ATM yang ada di seluruh Indonesia, atau jika kita sudah memiliki layanan SMS banking atau mobile banking maka kita pun bisa membayarnya melalui layanan tersebut.

Cara lain adalah pembelian token listrik online di situs-situs yang terpercaya. Saat ini ada banyak sekali agen-agen online terpercaya dimana kita bisa membeli token listrik online disana. Salah satu layanan yang bisa kita gunakan adalah alphapay.id, yang merangkap sebagai platform untuk anda yang ingin menjadi agen pembayaran online. Cara lain adalah pembelian melalui minimarket yang kami yakin ada di nyaris seluruh penjuru kota besar maupun kota-kota kecil di Indonesia. Jika teman-teman masih mencari cara lain, maka kami menawarkan teman-teman untuk membeli token pulsa listrik melalui loket pembayaran yang telah disediakan PLN atau PPOB (Payment Point Online Bank).

Setiap kali kita membeli token pulsa maka akan mendapatkan rincian Kwh yang bisa kita gunakan, rincian pajak penerangan jalan yang nominalnya berbeda-beda di tiap daerah domisili tempat tinggal, biaya materai sejumlah 3 ribu rupiah dan 6 ribu rupiah bergantung jumlah pulsa yang kita beli, dan terakhir rincian biaya administrasi yang berbeda-beda tergantung tempat kita membeli.

Bagaimana? Apakah teman-teman mulai memahami sistem pembayaran listrik terbaru yang disediakan oleh PLN ini? Atau justru teman-teman yang masih melakukan pembayaran di akhir bulan mulai tertarik untuk mengubahnya menjadi sistem prabayar?

Secara umum kami merasa kedua sistem tidak ada yang lebih unggul dari sistem yang lain karena tentu saja setiap sistem yang dibuat memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Beberapa kelebihan yang dapat kami simpulkan dari sistem pembayaran prabayar token listrik ini tentu kepraktisannya yang amat tinggi.

Bagi teman-teman yang merupakan pekerja kantoran yang sehari-harinya selalu sibuk dengan tugas-tugas kantor, maka sistem ini amat cocok dan amat menunjang kehidupan. Kita tidak perlu repot-repot pergi ke loket pembayaran listrik PLN di hari-hari kerja dimana hal tersebut nyaris tidak mungkin. Dengan sistem ini kita bisa membeli token listrik dalam satu genggaman , alias melalui ponsel cerdas yang kita miliki.

Meski demikian kami tidak akan pernah bosan mengingatkan teman-teman untuk selalu ingat pembelian terakhir pulsa, serta jumlah KwH sisa yang masih dimiliki teman-teman. Jangan sampai tidur nyenyak kita terganggu karena tiba-tiba listrik di rumah padam.

Bagaimana? Apakah artikel ini bermanfaat untuk teman-teman?

4 komentar:

  1. Enaknya kalau prabayar itu pemakaian lbh terkontrol ya��

    BalasHapus
  2. Saya juga pakai listrik token, mba. Tapi pemakaiannya memang tergantung kebutuhan bisa jadi lebih mahal dari pasca bayar kalau nggak dikontrol.

    BalasHapus
  3. Hai,, Kami dari Roket4D.. Ini sangat luar biasa,, Mudah - mudahan ini dapat berguna bagi orang banyak dan jangan lupa kunjungi juga situs kami Agen Bola Terpercaya
    Terima kasih,
    Prediksi Bola dan Togel Terupdate

    BalasHapus
  4. Terimakasih atas tawarannya saya banyak dapat informasi dari artikel iniagen bandarq terpercaya, Thanks bruhh.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mengunjungi blog ini. Saya senang menerima komentar yang baik dan membangun. Harap tidak meninggalkan link hidup.

Blog Design by Handdriati