Senin, 29 Desember 2014

PSIKOLOGI UNTUK ANDA


Jaman kuliah S1 dulu, saya teringat sekali dengan slogan PSIKOLOGI UNTUK ANDA. Slogan ini pernah juga saya lihat di spanduk besar pas SAPAMABA. Kurang lebih artinya sih, psikologi hadir untuk membantu permasalahan anda. Anda yang dimaksudkan bisa jadi klien, sebutan untuk pemakai jasa psikologi atau lebih luas manusia.

Para lulusan psikologi seharusnya tidak perlu kuatir kehabisan lahan selama masih ada manusia. Ya, subyek ilmu kami kan manusia, selama belum kiamat, psikologi masih bisa berperan. Memang sih, tidak semuanya mampu menangkap peluang. Alasannya, ada yang bergantung dari para pemakai tenaga kerja lulusan psikologi. Perguruan tinggi banyak yang membuka program studi psikologi, otomatis lulusan bertambah banyak sementara daya serap pasar masih sama.

Kembali lagi ke topik, gegara slogan yang sempat membahana ini, kami para lulusan psikologi menggunakan untuk berkelit. Berkelit dari apa? Berkelit dari kesalahan yang kami buat. Maksudnya sebagai manusia *Psikolog juga manusia ala Candil, sebagian dari kami juga berbuat kesalahan dalam berhubungan dengan manusia lain, terutama dengan anak. Nah, slogan itu kami buat ngeles. Kan Psikologi Untuk Anda, bukan buat kami, para psikolog..hihihi.

Praktek tidak semudah teori berlaku juga buat sebagian dari kami *halah malah buka kartu. Misal saja, saya mengetahui resiko membentak anak, tapi kadang kalau kesabaran yang seharusnya tidak pernah habis itu tiba-tiba habis, keluar deh suara bernada tinggi. Saya juga tahu bahwa mbah saya yang sudah tua *lho semua mbah kan tua, eh saya belum lulus kuliah sudah punya cucu lho*mengalami dimensia. Seharusnya saya tidak perlu jengkel menghadapinya.

Mungkin ada yang bertanya, ini blog punyanya psikolog kok ga jarang membahas masalah pengasuhan anak ya. Alasannya sederhana, kalau saya sendiri merasa masih belum mampu melakukannya, saya malu menuliskannya. Jangan-jangan tulisan saya berisi kegagalan sebagai orang tua dalam mengendalikan emosi. Memang banyak juga hal yang belum sempat saya tulis, karena keterbatasan waktu dan kemalasan *jujur lebih baik kan.

Hm, tapi tulisan saya hampir semua berkaitan dengan manusia *ngeles lagi. Iya, selama masih membahas tentang manusia kan masih psikologis..hihihi. Tulisan yang kental psikologisnya akan saya tambah jumlahnya di tahun 2015. Saya masukkan sebagai salah satu resolusi.

Nah, balik lagi ke psikologi untuk anda, boleh kok teman-teman yang membutuhkan jasa psikologi menghubungi saya via email. Nanti saya akan memberi nomor kontak *ujung-ujungnya promosi. Saya juga mungkin akan minta ijin untuk menuliskan cerita teman-teman untuk dibagi, tentu dengan kode etik yang berlaku. Semisal tidak diijinkan, tentu saya tidak berani menuliskannya. Misal kami sebagai psikolog pernah menceritakan sebuah permasalahan klien, dalam kode etik kami diperbolehkan untuk keperluan keilmuan tanpa identitas klien.

Terus kabar slogannya gimana? Tidak dipakai lagi, ya karena malah dipakai kami buat ngeles hehehe. Jadi slogannya diganti PSIKOLOGI UNTUK SEMUA, termasuk kami ini.

5 komentar:

  1. asyik mba, saya juga mau dong konsultasi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh..boleh..boleh..asal jangan konsultasi keuangan..hehehe..

      Hapus
  2. karena kalau sudah berhadapan sama manusia ada yang namanya perasaan, mood, dll. Jadi sulit juga kalau terlalu berteori :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mak. Harusnya teorinya dipahami dan selalu dipraktekan ya..

      Hapus
  3. Numpang Promo Ya Admin! Mau Modal kecil Bisa Diputarkan menjadi Ratusan juta Dan Dapat uang masukan Tanpa Usaha Apapun Kunjungi situs yang sudah saya kunjungi yaAduQ Online terpercaya, Thanks bruhh.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mengunjungi blog ini. Saya senang menerima komentar yang baik dan membangun. Harap tidak meninggalkan link hidup.

Blog Design by Handdriati