Minggu, 28 Desember 2014

SIOMAY AYAM-UDANG-SAYURAN

Siomay merupakan salah satu makanan favorit bagi saya. Sudah beberapa kali saya googling resep untuk membuat siomay. Eksekusi juga sudah beberapa kali, mulai dari siomay ikan tenggiri-udang, hingga akhirnya saya mencoba membuat siomay-ayam-udang-sayuran.

Resep pernah saya coba mulai blog ordinary kitchen hingga postingan salah satu member NCC. Tentu saja resepnya dimodifikasi sesuai dengan ketersediaan bahan. Selain itu, saya menambahkan jagung manis untuk menemani wortel, biar lengkap gitu. Jadi di siomay yang saya buat, ada protein, karbohidrat dan sayuran.

Satu lagi, untuk tampilan lebih cantik, seharusnya siomay dibungkus kulit pangsit, berhubung lagi susah cari kulit pangsit, jadi ya seadanya. Hasilnya, bentuknya geje tapi rasanya enak kok. Yang penting Fatih doyan..hehehe.

Sebenarnya resepnya juga agak kira-kira, ga saklek lah. Boleh kok resep dari saya ini diutak atik, nanti saya diberi tahu hasilnya. Sejujurnya saya ini, sama sekali ga pintar masak. Wong prestasi masak saya, bisa goreng telur ceplok di usia 26 tahun hehehe.

Jadi inilah resepnya. 300-400 gr daging ayam dicincang kecil-kecil, 200 gr daging udang dicincang kecil-kecil, 4 butir putih telur saja, 8-10 sdm tepung sagu, 1 buah wortel diparut, 1 buah jagung manis disisir, 2 batang bawang daun, 6 siung bawang putih ukuran agak besar dicincang halus, 1 sdt garam, 1 sdt gula pasir, 1 sdt merica, 2 sdm kecap ikan, 1 sdm minyak wijen (saya skip). Semua dicampur jadi satu. Kukus selama 20-30 menit. Jangan lupa tutup pancinya dibungkus dengan serbet/kain agar air kukusan tidak jatuh ke siomaynya.

Selain itu saya juga menyertakan tahu dan kentang sebagai pelengkap. Untuk bumbunya, pakai bumbu pecel buatan ibu. Saya ga sempat lah bikin bumbu sendiri *padahal cari yang instan alias malas.

Hasilnya..tara. Bisa dilihat dibawah ini. Mohon jangan dilihat bentuknya. Selain amatir fotografi , sekali lagi, tanpa kulit pangsit sih..hihihihi

5 komentar:

  1. dikukus kan yhaaa? ngebayanginnya kayaknya enak nih

    BalasHapus
  2. Wah enak banget nih kayaknya, dicampur sayur-sayuran bisa buat trik untuk anak yang ngga mau makan sayur :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah mengunjungi blog ini. Saya senang menerima komentar yang baik dan membangun. Harap tidak meninggalkan link hidup.

Blog Design by Handdriati